Sukabumi Update

Presiden Trump dan Menlu Pompeo Memuji Habibie

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump menyampaian ucapan belasungkawa kepada masyarakat Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden RI ke-3, BJ Habibie pada Rabu, 11 September 2019. Ucapan itu disampaikan melalui Gedung Putih pada Jumat, 13 September 2019.

Dalam keterangannya, Trump menyebut kepemimpinan Habibie muncul saat Indonesia menghadapi berbagai tantangan berat yang menyertai berakhirnya era Presiden Suharto.

"Habibie menjalankan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik di Indonesia, serta dalam mengantar kemunculan negara ini menjadi salah satu negara demokrasi yang hebat di dunia," kata Trump seperti disampaikan Gedung Putih.

Menurutnya, Habibie adalah seorang insinyur yang berhasil dan akan dikenang kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia, termasuk industri penerbangan dalam negeri. Habibie merupakan suatu contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo juga mengucapkan turut berduka atas meninggalnya Habibie kepada keluarga dan masyarakat Indonesia. Dalam keterangannya, Pompeo menyebut Habibie telah memimpin negara dan masyarakat Indonesia untuk melalui periode penting transisi demokrasi Indonesia.

"Dalam masa berkabung ini, terimalah simpati kami yang mendalam serta keyakinan bahwa Amerika Serikat akan terus mengingat persahabatan dengan Presiden Habibie dan dedikasinya untuk negara," tulis Pompeo.

Menurutnya, Habibie memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi pembangunan ekonomi Indonesia, termasuk melalui komitmennya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sumber: Tempo.co

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI