Sukabumi Update

Matahari Bersinar Merah Menyala di Langit Sydney Australia

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga di negara bagian New South Wales, Australia, menyaksikan fenomena unik matahari berwarna merah.

Saat ini, NSW dan empat negara bagian lainnya sedang mengalami kebakaran lahan sejak sekitar dua pekan terakhir. Kebakaran juga melanda Queensland, Victoria, South Australia dan Western Australia.

“Banyak warga melihat matahari bersinar terang kemerahan di langit pada sore ini,” begitu dilansir News dari Australia pada Kamis, 21 November 2019.

Namun, fenomena ini terlihat oleh warga di Kota Sydney, NSW. Seorang netizen mencuit soal ini.

”Matahari terlihat merah mengerikan di Sydney sekarang. Tapi tidak terlihat di foto yang saya ambil, menakutkan,” kata Tamara Hall @C3convertase.

Seorang netizen di NSW menulis,”Matahari bersinar cerah di langit yang berasap abu-abu hari ini.” Netizen itu mengunggah foto pemandangan pohon dengan matahari terlihat berwarna merah menyala di atas pepohonan.

Menurut News, fenomena ini terkait dengan gelombang sinar merah dan biru yang dipancarkan oleh matahari.

Sinar biru terhadang oleh asap yang memenuhi udara sehingga hanya sinar merah, yang memiliki gelombang panjang, bisa menembusnya dan terlihat publik. “Ini yang menjadi penyebab matahari bersinar merah menyala,” begitu dilansir News. Petugas pemadam kebakaran di Australia bekerja siang-malam untuk memadamkan kebakaran ini.

Sumber: Tempo.co

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI