Sukabumi Update

Karya Seni Pisang Dilakban ke Dinding Dijual Rp 1,7 Miliar

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah pisang yang dilakban ke dinding dijual dengan harga US$ 120.000 atau sekitar Rp 1,7 miliar di Art Basel Miami Beach minggu ini.

Menurut situs web pasar seni Artnet, dua dari tiga edisi telah terjual, dan yang terakhir sekarang seharga US$ 150.000 atau Rp 2,1 miliar.

Karya tersebut diciptakan Maurizio Cattelan dan dipamerkan pada hari Rabu oleh Perrotin, sebuah galeri seni kontemporer yang didirikan di Paris yang telah memiliki hubungan panjang dengan seniman Italia.

Ini adalah kontribusi pertama Cattelan ke pameran seni dalam 15 tahun, kata galeri itu.

Menurut CNN, 5 Desember 2019, karya berjudul "Comedian" itu terdiri dari pisang yang dibeli di toko bahan makanan Miami dan selembar lakban. Ada tiga edisi, kata galeri, yang semuanya ditawarkan untuk dijual.

Sebelum penjualan, pendiri galeri Emmanuel Perrotin, mengatakan bahwa pisang adalah simbol perdagangan global, tujuan ganda, serta perangkat klasik untuk humor,.

Menurutnya seniman mengubah benda-benda duniawi menjadi kendaraan kesenangan dan kritikan.

Calon pembeli harus ingat bahwa tidak ada instruksi yang jelas tentang apa yang harus dilakukan jika pisang mulai membusuk.

Menurut pernyataan pers dari Galerie Perrotin, sang artis mengaku ide itu muncul pertama kali setahun yang lalu.

"Saat itu, Cattelan memikirkan sebuah patung yang berbentuk seperti pisang," katanya.

"Setiap kali dia bepergian, dia membawa pisang dan menggantungnya di kamar hotelnya untuk mencari inspirasi. Dia membuat beberapa model: pertama dalam resin, kemudian dalam perunggu dan perunggu dicat sebelum akhirnya kembali ke ide awal pisang yang nyata," lanjut Perrotin.

Sumber: Tempo.co

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI