Sukabumi Update

Vietnam Sediakan ATM Beras Gratis untuk Warga Kurang Mampu

SUKABUMIUPDATE.com - Belum lama ini, publik kembali dibuat kagum dengan aksi dari negara Vietnam. Dilansir dari suara.com, bukan tanpa alasan kini di Vietnam terdapat ATM beras yang dapat digunakan oleh orang tak mampu.

Dalam satu kali ambil, orang-orang bisa mendapatkan 1,5 kilogram beras gratis dari ATM ini.

Menariknya lagi, dikutip Suara.com dari laman Vietnam Insider, Sabtu (11/4/2020), negara ini terbilang sukses mengatasi pandemi virus corona.

Pemerintah pun giat mengkampanyekan aksi social distancing agar warganya tak terjangkit virus corona. Mereka juga mengambil langkah dengan menghentikan layanan transportasi publik termasuk penerbangan hingga 15 April mendatang.

Kembali ke soal ATM beras, mesin ini berfungsi untuk memberikan pasokan beras kepada mereka yang membutuhkan selama kebijakan social distancing diterapkan di Vietnam.

Diketahui, perusahaan bernama PHGLock inilah yang menciptakan ATM beras dengan pengawasan khusus.

Untuk mendapatkan beras gratis, warga hanya perlu memencet satu kali tombol aktif pada ATM tersebut.

Hebatnya lagi, tak ada syarat khusus untuk warga demi mendapatkan sekarung beras gratis tersebut. Ya, warga tak perlu menunjukkan kartu identitas.

Kendati demikian, ATM beras ini tetap dilengkapi dengan kamera pengawas demi mencegah aksi curang dari pihak tak bertanggung jawab.

"Mesin ini beroperasi 24/7, masyarakat tak perlu datang pada waktu-waktu tertentu, sehingga kami bisa menghindari kerumunan orang," sebut Hoang Tuan Ah.

Jarak mengantre pun dibatasi, yakni 2 meter untuk setiap warga masyarakat yang hendak menggunakan ATM beras itu.

Setidaknya hingga kini ATM beras tersebut telah mendistribusikan sebanyak 300 kilogram beras untuk lebih dari 200 orang. Wah, semoga inovasi menarik ini juga segera ada di Indonesia ya!

Sumber: Suara.com

Editor : Budiono

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI