Sukabumi Update

Heboh Ikan Hiu dengan Panjang 7,9 Meter Berenang di Pantai

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor ikan hiu sepanjang 26 kaki atau 7,9 meter bikin geger saat berenang pada jarak 400 meter dari bibir pantai wilayah selatan Spanyol. Dilansir dari tempo.co, rekaman video yang beredar memperlihatkan betapa besarnya ikan hiu itu, yang diduga bisa jadi ikan hiu terbesar kedua di dunia.

Dikutip dari mirror.co.uk, ikan hiu itu terlihat oleh patrol maritim Guardia Civil dengan jarak hanya beberapa kaki jauhnya pantai La Momola. Spanish Civil Guard di Twitter menjelaskan mereka bekerja sama dengan layanan maritim Spanyol guna menjamin keamanan ikan hiu jenis basking itu dan dianggap tidak berbahaya bagi manusia karena kendati ukurannya besar, namun bergeraknya lamban.

Para penyelam ahli berhasil merekam untuk mengabadikan betapa besarnya ikan hiu itu sebelum akhirnya menghilang masuk ke dalam laut dalam. Aparat berwenang pun memperingatkan masyarakat, khususnya bagi mereka yang ingin olahraga kayak agar menjaga jarak dengan ikan hiu tersebut.

Sejumlah laporan menyebut Spanish Civil Guard juga telah melihat ikan hiu jenis basking lainnya sepanjang 3 meter di dekat pantai Calahonda dengan spesies yang sama dengan ikan hiu sepanjang 7,9 meter. Ikan-ikan hiu itu muncul ke permukaan dari habitatnya, diduga untuk ‘berjemur’ dengan berenang-renang di air permukaan yang lebih hangat. Spesien ikan hiu itu bermigrasi lintas laut dunia.

Menurut Serikat Konservasi Alam Internasional (IUCN), populasi ikan hiu jenis basking sekarang ini menurun karena ditangkap, sampah plastik di laut dan aktivitas manusia lainnya. Ikan hiu jenis basking adalah spesies ikan hiu terpanjang kedua di dunia yang rata-rata panjangnya sekitar 26 kaki. Ikan hiu jenis ini yang pernah ditemukan panjangnya sampai 32 kaki atau 9,75 meter.

 

Sumber : tempo.co

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI