Sukabumi Update

Studi: Anak-anak Penderita Covid-19 Bisa Tularkan Virus Berpekan-pekan

SUKABUMIUPDATE.com - Anak-anak yang terinfeksi Covid-19 dapat menularkan virus tersebut selama berpekan-pekan, bahkan jika mereka tidak menunjukkan gejala atau setelah gejalanya jelas, menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Pediatrics pada Jumat, 28 Agustus 2020.

Dilansir dari Tempo.co, para peneliti mengamati 91 anak-anak penderita Covid-19 di bawah usia 19 tahun dari 18 Februari hingga 31 Maret di 20 rumah sakit dan dua fasilitas isolasi nonrumah sakit di seluruh Korea Selatan.

Sekitar 22 persen dari mereka tidak menunjukkan gejala. Hanya 8,5 persen dari kasus dengan gejala didiagnosis pada saat timbulnya gejala, sementara 66,2 persen memiliki gejala yang tidak dikenali sebelum diagnosis dan 25,4 persen menunjukkan gejala setelah diagnosis, menurut studi tersebut.

SARS-CoV-2 RNA terdeteksi selama rata-rata 17,6 hari secara keseluruhan dan 14,1 hari dalam kasus tanpa gejala, imbuh studi itu.

Hasilnya menunjukkan pemeriksaan gejala gagal mengidentifikasi sebagian besar kasus Covid-19 pada anak-anak, dan SARS-CoV-2 RNA pada anak-anak baru terdeteksi dalam waktu lama yang tidak terduga, menurut penelitian tersebut.

Sumber: Tempo.co

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI