Sukabumi Update

Turki Diguncang Gempa Kuat dan Banyak Bangunan Runtuh, Bagaimana Nasib WNI?

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa berkekuatan 7,0 skala Richter mengguncang kawasan pesisir barat Turki, berdekatan dengan Pulau Samos, Laut Aegean. Dikutip dari situs Express, titik gempa berada pada jarak 11 mil (17 kilometer) dari pesisir barat Turki dan bergoncang pada pukul 13.51 waktu setempat.

Izmir adalah salah satu kota yang terdampak gempa tersebut. Gedung-gedung di sana runtuh, diikuti dengan ombak-ombak besar di kawasan pantainya. Warga yang berada di sana berkumpul di jalanan untuk menyelamatkan diri

"Setidaknya 20 bangunan hancur di Izmir," kata Wali Kota Izmir kepada CNN Turki, Jumat, 30 Oktober 2020. Hingga berita ini ditulis, belum diketahui berapa jumlah korban tewas ataupun luka-luka.

Selain Izmir, kota yang terdampak adalah Bornova dan Bayrakli. Bangunan-bangunan di sana juga hancur menurut laporan CNN. Bahkan, berdasarkan laporan US Geological Survey, gempa juga terasa hingga Yunani.

Presiden Rumah Sakit Samos, Yunani, menyabut para warga berhamburan dalam keadaan panik. Menurutnya, gempa barusan adalah salah satu gempa terbesar yang pernah ia rasakan di Samos.

"Gempanya benar-benar besar, berlangsung selama beberapa menit. Warga panik dan mereka berhamburan keluar ke alun-alun kota, ke jalanan," ujarnya.

Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan melalui Twitter-nya menyampaikan duka untuk warga Kota Izmir. "Semoga cepat sembuh zmir," cuitnya 

"Dengan semua sarana negara kami, kami mendukung warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri kami yang relevan," kata Erdogan.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI