Sukabumi Update

Presiden Haiti Tewas Ditembak di Rumahnya Sendiri oleh Kelompok Bersenjata

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Haiti Jovenel Moise tewas ditembak di rumahnya, Rabu, 7 Juli 2021 di Ibu Kota Haiti, Port-au-Prince. Claude Joseph yang ditunjuk sebagai perdana menteri sementara Haiti, kediaman presiden diserbu oleh orang-orang bersenjata tak dikenal pada pukul 01:00 waktu setempat.

Ibu Negara dilaporkan juga terluka dalam serangan itu. "Semua tindakan telah diambil untuk menjamin kelangsungan negara," ujar Joseph seperti dikutip Tempo dari BBC, Rabu, 7 Juli 2021.

Jovenel Moïse (53) telah berkuasa sejak Februari 2017, setelah pendahulunya Michel Martelly mengundurkan diri.

Moïse mengalami masa sulit karena dia menghadapi tuduhan korupsi dan gelombang protes anti-pemerintah yang sering disertai kekerasan. Awal tahun ini terjadi aksi protes luas di ibu kota dan kota-kota lainnya ketika rakyat Haiti menuntut Moïse mengundurkan diri.

Baca Juga :

Oposisi Haiti mengatakan bahwa masa jabatan lima tahun Moïse seharusnya berakhir pada 7 Februari 2021, lima tahun sejak Martelly mengundurkan diri. Namun Moïse bersikeras dia memiliki satu tahun lagi untuk menjadi presiden.

Penundaan selama setahun disebabkan oleh tuduhan kecurangan pemilu yang akhirnya membuat hasil. Pemilu 2015 dibatalkan dan diadakan pemilihan ulang yang dimenangkan oleh Moïse.

Ihwal penyebab pembunuhan dan pelaku penembakan masih diselidiki. Haiti tengah menghadapi krisis kemanusiaan saat ini karena ketegangan politik, kerusuhan, dan habisnya supplai cadangan makanan.

SUMBER: TEMPO

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI