Sukabumi Update

Kemiskinan Bikin Perempuan di Nigeria Rela Jual Diri Demi Indomie

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah organisasi berbasis komunitas di Negara Bagian Enugu, Nigeria, Iyom Umuevu Njoku Eji, mengungkapkan kemiskinan membuat beberapa remaja terjerumus ke dalam gaya hidup tidak bermoral. Program Officer Iyom Umuevu Njoku Eji, Ijeoma Nwatu, mengatakan gadis muda di sana rela menjual dirinya demi sepiring Indomie.

"Beberapa gadis muda telah terjerumus ke dalam seks pranikah dengan barang-barang murah seperti sepiring Indomie dan sebotol minuman ringan," kata Nwatu seperti dikutip dari Daily Post melalui Tempo, Minggu, 11 Juli 2021.

Kemiskinan di kalangan perempuan, kata Njoku, merupakan masalah utama masyarakat pedesaan di Nigeria. Berdasarkan hasil temuan komunitasnya, banyak gadis muda hamil di luar nikah demi sepiring Indomie dan sebotol minuman.

Kondisi ini merupakan realitas yang terjadi pada negara miskin seperti Nigeria di mana perempuan tidak diberdayakan dan dipinggirkan. Sehingga kemiskinan adalah akar permasalahan yang dampaknya paling banyak dirasakan oleh kalangan perempuan dan anak perempuan.

Nwatu mengungkapkan komunitasnya memiliki program bersama dengan organisasi internasional lainnya untuk memerangi kekerasan berbasis gender dan mengentaskan kemiskinan dalam rentang empat tahun di Nigeria.

Selain itu, ada pula program pelatihan tentang cara berdagang dan mengakses kredit mikro bagi wanita di Nigeria. Bagi mereka yang ingin mempunyai modal usaha, dipersilakan membentuk kelompok koperasi kecil yang masing-masing anggotanya dapat berkontribusi dalam mengelola keuangan.

Sumber: Tempo

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI