Sukabumi Update

Pakai Masker dan Social Distance, Doa Jamaah Haji Saat Wukuf di Arafah

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan jamaah haji dengan menggunakan masker pada Senin, 19 Juli 2021, melaksanakan ritual ibadah haji dengan berkumpul di Arafah. Mereka memanjatkan doa dan harapan agar terwujudnya dunia yang damai dan berakhirnya pandemi Covid-19.

Arab Saudi adalah rumah bagi tempat-tempat suci umat Islam. Sudah dua tahun berturut – turut Arab Saudi tidak mengizinkan jamaah dari luar negara itu menunaikan ibadah haji gara-gara pandemi Covid-19.

Pelaksanaan ibadah haji pada 2020 dan 2021 dilaksanakan dengan kondisi khusus agar pandemi Covid-19 tidak menyebar, terlebih sekarang ini adanya varian Delta dan varian lain dari Covid-19.

Pada pelaksanaan haji 2021, Kerajaan Arab Saudi hanya membuka 60 ribu kuota, yang diperuntukkan masyarakat Arab Saudi dan WNA yang sudah menetap di negara itu. Syarat lain adalah usia 18 tahun – 65 tahun, sudah disuntik dua dosis vaksin virus corona atau sudah sembuh dari Covid-19 dan tidak sedang mengalami sakit kronis.

Bagi umat Islam menunaikan ibadah haji adalah kesempatan setidaknya sekali dalam seumur hidup. Menunaikan ibadah haji juga hukumnya wajib, bagi yang mampu secara finansial.     

“Ini adalah perasaan yang tidak bisa digambarkan saat mengetahui saya terpilih diantara jutaan orang yang ingin menunaikan ibadah haji. saya berdoa kepada Allah SWT agar masa sulit ini (Covid-19) segera berakhir karena hampir semua negara mengalami pandemi Covid-19,” kata Um Ahmed, jamaah haji asal Palestina, yang tinggal di Arab Saudi dan kehilangan empat anggota keluarganya akibat Covid-19.   

Pada tahun-tahun sebelumnya, lebih dari dua juta jamaah haji memenuhi Arafah. Mereka duduk saling berdekatan di padang Arafah yang ada di Kota Mekah, sambil membawa payung dan kipas angin agar mereka tetap adem mengingat suhu panas di atas 40 derajat celcius.    

Pada pelaksanaan haji tahun ini, terlihat sekali perbedaannya. Jamaah duduk sambil social distancing dan memakai masker. Bukit Arafah adalah tempat Allah SWT menguji Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail. Bukit Arafah juga menjadi tempat Nabi Muhammad SAW memberikan kutbah terakhirnya.

Sumber: english.alarabiya.net/TEMPO.CO

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI