Sukabumi Update

Negara-negara dengan E-KTP Canggih, Ada yang Sekaligus SIM

SUKABUMIUPDATE.com - E-KTP merupakan dokumen penting yang harus dimiliki penduduk berusia 17 tahun. Sebab E-KTP merupakan identitas jati diri warga negara. Selain itu, E-KTP juga diperlukan sebagai syarat untuk membuat beberapa dokumen lain, seperti SIM dan rekening bank. 

Meskipun memiliki fungsi yang penting, beberapa orang merasa bahwa penggunaan E-KTP kurang efisien. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, masih terjadi beberapa kasus maladministrasi dan inefisiensi dalam penggunaan E-KTP.

Padahal penggunaan E-KTP telah diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2006, Perpres Nomor 26 Tahun 2009 dan Perpres Nomor 35 Tahun 2010. Dalam berbagai aturan tersebut, E-KTP seharusnya mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari lembaga pemerintah maupun swasta. 

Penggunaan E-KTP di beberapa negara pun bisa menjadi rujukan. Dilansir dari veriff.com, berikut adalah KTP unik dari beberapa negara:

- Sistem Aadhar India

Sistem Kartu Tanda Penduduk India merupakan salah satu sistem paling canggih dan unik di dunia. Ketika pertama kali dicanangkan oleh Pemerintah India, banyak orang yang meragukan pelaksanaannya. Sebab, proyeksi Pemerintah India untuk mengumpulkan data sidik jari dan scan iris mata dari seluruh orang India terasa utopis. Namun, setelah diimplementasikan, 90 persen dari total populasi India berhasil memiliki Kartu Tanda Penduduk yang dikenal sebagai Aadhar ini. 

- Kartu Tanda Penduduk Estonia

Estonia terkenal memiliki Kartu Tanda Penduduk yang sangat canggih. Kartu tersebut memuat foto legal dari para pemiliknya. Selain itu, dengan memiliki Kartu Tanda Penduduk, Warga Estonia dapat memiliki akses terhadap seluruh e-service yang disediakan oleh Pemerintah Estonia. Kartu Tanda Penduduk Estonia bahkan juga dilengkapi dengan QR Code untuk membuktikan bahwa kartu tersebut valid. Selain itu, kartu tersebut juga dilengkapi dengan sebuah foto tersembunyi. Foto ini hanya mampu dilihat apabila Kartu Tanda Penduduk diamati dari sudut pandang tertentu. 

- Kartu Tanda Penduduk Malaysia

Negara tetangga juga memiliki Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang canggih. KTP Malaysia yang disebut MyKad ini dilengkapi dengan teknologi "dual interface". Teknologi tersebut membuat MyKad mampu dibaca oleh mesin-mesin sensor, seperti mesin transaksi keuangan. Karena itu, MyKad menjadi KTP yang multifungsi. Selain itu, MyKad juga merangkap menjadi Surat Izin Mengemudi bagi Warga Negara Malaysia.

SUMBER: BANGKIT ADHI WIGUNA/TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI