Sukabumi Update

Pendiri Taliban Ini Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh Versi TIME

SUKABUMIUPDATE.com - Pendiri Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, masuk dalam daftar 100 orang berpengaruh dunia versi Majalah TIME. Baradar terdaftar sebagai pemimpin berpengaruh di tahun 2021.

Berdasarkan daftar 100 orang berpengaruh dunia yang dirilis TIME, selain Baradar, tokoh lainnya yang masuk sebagai pemimpin paling berpengaruh adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping.

Baca Juga :

Abdul Ghani Baradar sangat dihormati di kalangan Taliban sebagai anggota pendiri gerakan pada tahun 1994. Ia dikenal sebagai seorang pemimpin militer karismatik dan sosok yang sangat saleh.

Pada saat Taliban meraih kemenangan pada bulan Agustus lalu di Afghanistan, tak lepas dari campur tangannya. Bahkan kemenangan tersebut adalah syarat yang dinegosiasikan Baradar.

photoMullah Abdul Ghani Baradar sangat dihormati di kalangan Taliban sebagai anggota pendiri gerakan. - (Tangkapan layar YouTube/Wion)</span

Dia selalu membuat semua keputusan besar, termasuk amnesti yang ditawarkan kepada anggota rezim sebelumnya. Selain itu Baradar juga mampu meminimalisir pertumpahan darah ketika Taliban memasuki Kabul, termasuk kunjungan ke negara-negara tetangga, terutama China dan Pakistan.

Sekarang dia berdiri sebagai tumpuan bagi masa depan Afghanistan. Dalam pemerintahan sementara Taliban, ia diangkat menjadi Wakil Perdana Menteri. Peran utama diberikan kepada pemimpin lain, karena lebih diterima oleh generasi komandan Taliban yang lebih muda dan garis keras.

Baradar dikenal sebagai pria pendiam dan tertutup yang jarang memberikan pernyataan atau wawancara publik. Baradar tetap mewakili arus yang lebih moderat di dalam Taliban.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI