Sukabumi Update

TKI Korban Kapal Tenggelam di Malaysia yang Ditemukan Tewas Bertambah

SUKABUMIUPDATE.com -  Pihak berwenang Malaysia kembali menemukan lima mayat tenaga kerja Indonesia atau TKI korban kapal tenggelam. Sebelumnya polisi menemukan 11 mayat TKI, sehingga jumlah korban tewas seluruhnya 16 orang.

Dilansir dari Tempo.co, menurut polisi, korban tewas termasuk 10 pria dan enam wanita, menurut Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) dalam sebuah pernyataan. Sebanyak 14 orang ditemukan selamat, sementara 20 masih hilang. Operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut hingga hari kedua.

Kecelakaan kapal terjadi pada Rabu (15/12/2021) subuh. Kapal yang mengangkut TKI ilegal dari Lombok, Indonesia terbalik saat akan mendarat di Johor selatan, Malaysia. Kecelakaan terjadi karena cuaca buruk.

Dilansir dari Reuters, kecelakaan kapal terjadi sering kali karena kelebihan muatan. Banyak tenaga kerja dari Indonesia yang mengadu nasib ke Malaysia untuk bekerja di pabrik maupun perkebunan.

Menurut kelompok hak asasi Migrant CARE yang berbasis di Jakarta, antara 100.000 dan 200.000 orang Indonesia masuk ke Malaysia secara ilegal setiap tahunnya. Mereka direkrut oleh sindikat perdagangan manusia.

Sumber: TEMPO.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI