Sukabumi Update

Cincin Bergambar Gembala yang Baik Ditemukan di Dasar Laut Pelabuhan Kuno

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah cincin, yang disebut menggambarkan awal mula pengembaraan Yesus, ditemukan. Arkeolog mengungkap cincin itu ditemukan bersama sejumlah artefak dari bangkai kapal, yang berusia ratusan tahun di lepas pantai Israel.

Cincin emas itu berhiaskan batu permata berwarna hijau dengan ukiran sosok seorang anak laki-laki memanggul seekor domba jantan. Israel Antiquities Authority mengatakan cincin itu ditemukan bersama ratusan koin perak dan koin perunggu di dasar laut mediterania dekat pelabuhan kuno Caesarea, Israel.

Mengutip reuters dari tempo.co, gembala yang baik adalah salah satu simbol, yang digunakan komunitas umat Kristen di wilayah timur. Arkeolog mengatakan cincin tersebut berasal dari sekitar pertengahan abad ketiga.     

Dalam New Testament Book of John, Yesus menyebut dirinya sebagai gembala yang baik, yang akan melindungi pengikutnya yang setia.

Israel Antiquities Authority mengatakan temuan berharga tersebut berasal dari lambung dua bangkai kapal berusia 6 dan 17 abad, yang kemungkinan kandas disapu badai. Selain cincin, ditemukan pula sejumlah patung era romawi dan sebuah cincin yang diukir sebuah gambar kitab.  

Dalam kisah para Rasul di Perjanjian Baru menggambarkan Petrus membaptis Kornelius, seorang perwira Romawi di Caesarea. Kota Caesarea adalah salah satu Kota pusat penyebaran agama Kristen dan tempat yang pertama kali menampung umat Kristen.

SUMBER: REUTERS/TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI