Sukabumi Update

Serukan Warga Dunia, Presiden Volodymr Zelensky Minta Tunjukan Dukungan ke Ukraina

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai bentuk dukungan dunia, Presiden Ukraina, Volodymr Zelensky menyerukan kepada seluruh warga dunia untuk berdemo pada Kamis, 24 Maret 2022.

Hal tersebut disampaikan Volodymr Zelensky melalui sebuah video yang diunggah sehari sebelumnya pada Rabu, 23 Maret 2022.

Baca Juga :

Menyadur dari suara.com, dalam Volodymr Zelensky meminta rakyat dunia untuk turun ke jalan-jalan dan alun-alun.

"Datanglah ke alun-alun , jalan-jalan. Jadikan diri Anda terlihat dan didengar,” kata Zelensky dalam bahasa Inggris dalam sebuah video pada Rabu (23/03) malam.

Dalam pidato emosional yang direkam dalam gelap di dekat kantor kepresidenan di Kyiv, Zelensky meminta agar semua orang menyuarakan bahwa "manusia itu penting, kebebasan penting. Perdamaian itu penting. Ukraina penting.”

"Datang dengan simbol Ukraina untuk mendukung Ukraina, untuk mendukung kebebasan, untuk mendukung kehidupan," kata Zelensky.

Seruan tersebut datang satu bulan setelah dimulainya invasi Rusia, yang telah memicu kecaman di seluruh dunia.

Rencananya Presiden Ukraina itu akan berpidato di depan Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin NATO lainnya yang berkumpul di Brussel, Belgia, pada peringatan satu bulan invasi Rusia.photoUkraina Ajak Warga Dunia Sukaredal Lawan Rusia - (Twitter)

Zelenskyy mengatakan bahwa dia akan meminta agar NATO memberikan dukungan "efektif dan tidak terbatas" ke Ukraina, termasuk senjata yang dibutuhkan negara itu untuk menangkis serangan Rusia.

Rusia sudah melancarkan invasinya sejak 24 Februari lalu dan dianggap sebagai serangan terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II.

NATO memperkirakan sudah ada 7.000 hingga 15.000 tentara Rusia yang tewas dalam invasi tersebut.

Namun, Rusia pada tanggal 2 Maret lalu menyebut bahwa personel yang tewas berjumlah 500 orang dan ada sekitar 1.600 yang terluka. ts/yf (AP)

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI