Sukabumi Update

Cerita Penggali Kubur Eril: Ikhlas Kerja dari Subuh Demi Bantu Ridwan Kamil

SUKABUMIUPDATE.com - Para penggali kubur jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sudah menggali liang lahat sejak Senin (13/6/2022) pukul 05.00 WIB. Penggalian berlangsung sekitar empat jam atau hingga pukul 09.00 WIB.

Salah satu penggali kubur, Kurnia Muslim (39 tahun) dari anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cimaung mengatakan, ada tujuh orang yang menggali tempat peristirahatan terakhir Eril.

"Kami ada tujuh orang dari jam 5 subuh tadi, dari warga Babakan Kondang MUI, kampung sebelah pemakaman, kami persiapan dari jam 1 malam, menunggu pemadatan tanah dulu, baru tadi subuh kita sudah mulai gali, selesai barusan jam 9," kata Kurnia dikutip dari suara.com di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin.

Mereka diminta khusus oleh Bapak Doni, paman dari Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, untuk menggali kubur Eril. Dia menjelaskan, liang lahat almarhum digali dengan kedalaman 1,7 meter; lebar 1 meter; dan panjang 2,4 meter. "Agak besar karena ukuran peti jenazah," katanya.

Kurnia dan kawan-kawan merasa beruntung karena bisa berkontribusi untuk membantu Gubernur Ridwan Kamil yang berduka kehilangan Eril.

"Kita sebagai warga harus ikut kontribusi pemakaman, istilahnya jadi berkah saja, pimpinan kita anaknya meninggal kena musibah kita ikut belasungkawa dengan cara ikut menyumbangkan tenaga saja dengan membuat galian kubur," tuturnya.

"Doanya untuk a' Eril yang jelas kita doa dan alfatihah semoga almarhum meninggalnya dimasukkan husnul khotimah diangkat menjadi umatnya rasulullah, dan dihapus segala kesalahannya, dan bisa mendapatkan ridho Allah SWT," ucap Kurnia.

Jenazah Eril sendiri tengah dalam perjalanan menuju pemakaman Cimaung, dibawa dengan menggunakan mobil jenazah berwarna silver setelah diberangkatkan dari rumah duka di Gedung Pakuan, Bandung, sekira pukul 09.00 WIB.

Para peziarah dari pejabat hingga kerabat dekat Eril juga langsung berdiri menghormati kedatangan jenazah Eril sambil melafalkan doa. Prosesi pemakaman Eril sendiri dijadwalkan akan dimulai pukul 11.00 WIB.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI