Sukabumi Update

Respons Wagub Riza Fatria Soal Depok Ingin Gabung DKI Jadi Jakarta Raya

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut usulan pembentukan Provinsi Jakarta Raya menjadi domain pemerintah pusat untuk menjawab. Dia menyerahkan realisasi kebijakan tersebut kepada pemerintah pusat jika memang akan diwujudkan. 

"Kami Pemprov DKI sepenuhnya menyerahkan kebijakan tersebut kepada pemerintah pusat," kata dia di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Juli 2022.

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengusulkan daerah pinggiran Jakarta disatukan menjadi Jakarta Raya. Harapannya agar masalah di daerah penyangga mudah terselesaikan jika kawasan tersebut digabung. 

"Satu ide saya kalau mau sukses pembangunan Jakarta dan sekitarnya satukan Jakarta Raya," jelas Idris dilansir dari tempo.co yang dikutip dari Antara. 

Riza berterima kasih dengan usulan Idris. Menurut dia, Ibu Kota dan daerahnya penyangganya tidak mudah terpisahkan. Kebijakan yang melibatkan Jabodetabek pun selalu dibahas bersama-sama.

Misalnya, dia melanjutkan, persoalan pandemi Covid-19, transportasi, pengendalian banjir, dan penataan kota. Politikus Partai Gerindra itu tak menganggap Bodetabek sebagai beban bagi Jakarta. 

"Apapun masalah yang ada di wilayah penyangga itu adalah masalah kita bersama yang harus kita selesaikan bersama," ucap dia. 

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI