Sukabumi Update

Bukan Karena Rem Blong, KNKT Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut Truk di Bekasi

SUKABUMIUPDATE.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan kesimpulan penyebab kecelakaan maut truk trailer di Bekasi beberapa waktu lalu.

Mengutip dari Tempo.co, KNKT menyebut jika kecelakaan tersebut bukan disebabkan karena masalah rem.

“Tadi kami melakukan pemeriksaan kendaraan. Dari hasil pemeriksaan, semua sistem rem bekerja bagus tidak ada kerusakan sama sekali,” kata Senior investigator KNKT Ahmad Wildan saat dihubungi hari ini, Jumat, 2 September 2022.

Dia menuturkan bahwa truk trailer yang terlibat kecelakaan maut di Bekasi tersebut layak jalan. Bahkan, semua sistem dipastikan aman dan bisa bekerja dengan baik termasuk rem truk.

Baca Juga :

Menurut Ahmad, truk trailer yang dikemudikan sopir bernama AS, 30 tahun, tersebut secara umum layak jalan. Sedangkan penyebab kecelakaan maut adalah sopir truk menggunakan persneling gigi tujuh pada saat melewati jalan turunan sebelum lokasi kecelakaan. Padahal muatan truk mencapai berat 55 ton.

photoTruk yang tertimpa tiang BTS yang runtuh akibat ditabrak truk trailer di Bekasi - (dok. TMC Polda Metro)</span

"Hal itulah yang menyebabkan sopir kesulitan untuk mengerem truk."

Kecelakaan maut truk trailer di Bekasi terjadi pada Rabu lalu, 31 Agustus 2022, yang menewaskan 10 dan 23 lainnya luka-luka. Truk awalnya menabrak halte depan sekolah SD II & III Kotabaru lalu menghajar tiang BTS sebelum menimpa sejumlah warga dan kendaraan.

Sopir truk trailer yang menyebabkan kecelakaan maut di Bekasi telah ditetapkan menjadi tersangka, dan AS pun ditahan di Kantor Polres Metro Bekasi Kota, Jabar. Menurut Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki, Sopir truk dijerat Pasal 310 Ayat 4 Undang-Undang Lalu Lintas.

Baca Juga :

SUMBER: NTMC POLRI | TEMPO.CO/JOBPIE 

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI