Sukabumi Update

TKI Asal Jawa Barat Ditemukan Lewat TikTok Usai Hilang Kontak 13 Tahun

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Barat yang dikabarkan hilang kontak selama 13 tahun, akhirnya keberadaannya diketahui melalui aplikasi yang saat ini tengah naik daun yaitu TikTok.

TKI tersebut bernama Wiwi (48 tahun), merupakan warga yang berasal dari Kampung Cipeundeuy, Desa Sukamanah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat itu ditemukan dalam keadaan sehat setelah salah satu akun Tiktok @incesjeddah memposting kegiatan Wiwi di sebuah penampungan PMI di Kota Madinah, Arab Saudi beberapa hari lalu.

photoTKI Asal Jawa Barat Ditemukan Lewat TikTok Usai Hilang Kontak 13 Tahun - (TikTok @incesjeddah)</span

Video keberadaan PMI yang diketahui PMI itu berangkat ke Timur Tengah tahun 2010 itu dibenarkan Camat Rongga, Bandung Barat Agus Rudiyanto saat ditemui pada Kamis (15/9/2022). Semula ia mengetahuinya dari akun Tiktok @incesjeddah.

Baca Juga :

"Awal saya mengetahui itu dari akun Tiktok dengan nama akun Mawar Pink 74 (@incesjeddah), setelah dicek, kami menanyakan kepada pihak desa. Dan mereka membenarkan bahwa bu Wiwi itu adalah warga Desa Sukamanah," beber Agus, seperti  dilansir dari SuaraJabar.

Ia kemudian bergerak cepat untuk menelusuri siapa keluarga dan riwayat keberangkatan Wiwi untuk bekerja di luar negeri sebagai PMI atau dulu dikenal Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Akhirnya ia pun bisa menghubungi Wiwi langsung

"Setelah itu, saya mencoba meminta nomor handphone akun Tiktok itu (Mawar), setelahnya saya dan bu Wiwi video call secara langsung dan alhamdulillah bu Wiwi dalam keadaan sehat," terang Agus.

Setelah di telusuri, Agus membenarkan bahwa Wiwi hilang kontak dengan pihak keluarga setelah satu tahun bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) di Arab Saudi melalui agen penyalur tenaga kerja bernama PT Aji Ayahbunda Sejati,

Ia pergi ke luar negeri meninggalkan suami dan 6 anaknya di kampung halamannya dengan tujuan untuk menopang perekonomian keluarganya. Hanya saja selama bekerja, Wiwi tidak mendapat upah dari majikannya.

Bahkan Wiwi tidak dibekali alat komunikasi oleh majikannya sehingga tidak bisa menghubungi keluarganya selama belasan tahun alias hilang kontak. Ia saat ini diketahui masih berada di penampungan PMI di Madinah.

"Alhamdulillah sekarang sudah ketemu dengan keluarganya, walaupun baru melalui video call. Saat saya menanyakan beliau dimananya, dia menjawab sudah ada di penampungan tenaga kerja Indonesia di Madinah," pungkasnya.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | FERRYE BANGKIT RIZKI

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI