Sukabumi Update

Untuk Beli Skincare, Perempuan di Cianjur Gelapkan Uang Arisan Ratusan Juta

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang perempuan di Cianjur, Jawa Barat berinisial SR (25), ditangkap jajaran Satreskrim Polres Cianjur, karena menggelapkan uang arisan senilai ratusan juta.

Dikutip dari Suara.com, Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan, SR ditangkap petugas Satreskrim Polsek Pacet, berawal adanya laporan dari masyarakat yang merasa dirugikan soal arisan.

"Sebenarnya pelalu itu ada dua orang, namun baru satu yang berhasil kita tangkap, dan satu lainnya yaitu NV melarikan diri dan sedang dilakukan pengejaran," katanya pada wartawan, Kamis (20/10/2022)

Berdasarkan keterangan pelaku, kata dia, dalam menjalan modus operandinya yaitu, kedua pelaku itu mengajak, dan merekrut sejumlah orang untuk mengikuti arisan.

"Jadi kedua pelaku ini menawarkan arisan secara online melalui WA, awalnya melalui lingkungan pertemanan dari SR ini, dengan menyampaikan melalui pesan di WA dengan mengajak agar bisa ikut dalam arisan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, awalnya arisan yang dijalankan pelaku itu berjalan lancar, namun saat memasuki bulan kelima. Namun di bulan selanjutnya arisan mulai tidak berjalan lancar.

"Untuk korban arisan bodong ini tercatat mencapai sebanyak 22 orang, dengan total uang yang terkumpul mencapai Rp 1,2 miliar. Tapi pelaku belum bisa mengembalikan sejumlah uang sebesar Rp 642 juta," katanya.

Doni mengatakan, berdasarkan keterangan pelaku, sejumlah uang arisan tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti skincare, dan peralatan rumah tangga.

"Atas perbuatannya tersebut pelaku dikenakan pasal 378 KUP dan pasal 372 KUHP ancaman hukuman penjara selama 4 tahun,” katanya.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Suara.com/Fauzi Noviandi

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI