Sukabumi Update

Zona Merah Membentang dari Palabuhanratu, PUPR: Tak Boleh Ada Permukiman di Jalur Sesar Cimandiri

Jalur Sesar Cimandiri Direkomendasikan Jadi Zona Merah | Foto: BMKG

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merekomendasikan jika jalur patahan atau sesar Cimandiri menjadi zona merah.

Zona merah tersebut diartikan jika jalur sesar Cimandiri tidak boleh digunakan sebagai kawasan permukiman atau bangunan lainnya.

Dikutip dari Antara via Yoursay.id (Portal Suara.com), Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menjelaskan bahwa rekomendasi itu bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan timbul korban jiwa jika terjadi bencana alam di masa  yang akan datang.

Baca Juga: Selain Patahan Cugenang, Ini Daftar Sesar Aktif di Jawa Barat

“Kami merekomendasikan kepada Pemda agar lokasi bencana yang membentang sepanjang sesar Cimandiri dijadikan zona merah dan area non-hunian,” jelas Iwan.

“Jadi sekitar 300 - 500 meter jalur sesar Cimandiri hanya bisa digunakan sebagai jalur hijau, pertanian dan ruang terbuka hijau,” tambah Iwan.

Ditakutkan, apabila wilayah tersebut digunakan hunian, akan banyak rumah warga yang rusak, sehingga nantinya warga harus mengungsi ke daerah lainnya yang lebih aman. Ini tentunya menjadi situasi yang buruk.

Dari peta yang dirilis oleh BMKG dan hasil foto udara, sesar aktif Cimandiri membentang sepanjang 9 kilometer melewati sembilan desa mulai dari Desa Ciherang sampai Desa Nagrak.

Potensi Gempa Sesar Cimandiri 

Sesar Cimandiri memanjang dari Sungai Cimandiri yang terletak di Palabuhantatu sampai ke arah timur laut lewat Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Subang. Karakteristik sesar ini adalah dangkal atau shallow earthquake yang berkekuatan magnitudo 4-5 dan dampak kerusakannya sangat signifikan karena kedangkalannya.

Menurut studi yang dilakukan oleh BMKG, sesar Cimandiri adalah satu dari enam struktur regional yang aktif di Jawa Barat.

Sesar lainnya yaitu Sesar Garsela, Sesar Citarik, Sesar Lembang, Sesar Baribis, dan Sesar Cipamingkis.

Di antara semua sesar, sesar Cimandiri adalah sesar yang paling tua di antara semua sesar di Jawa Barat.

Patahan Cimandiri punya tiga segmen dengan potensi gempa bumi yang beragam, seperti segmen Cimandiri dengan potensi gempa sebesar M6.7, Cibeber Kabupaten Cianjur dengan potensi gempa sekitar M6.5, dan segmen Rajamandala dengan potensi gempa sekitar M6.6 

Sumber: Yoursay.id (Portal Suara.com)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT