Sukabumi Update

Krisis Air Bersih dan Sanitasi, Ratusan Pengungsi Gempa Cianjur Diare dan Gatal-gatal

Pengungsi Korban Gempa Cianjur | Foto: Dok.BNPB

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan pengungsi yang menjadi korban Gempa Cianjur di Kampung Sukawarna RT 01 RW 09 Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur mengalami krisis air bersih dan sanitasi.

Sudah lebih dari dua minggu sejak gempa Cianjur terjadi, ratusan warga pengungsi itu melakukan aktivitas buang air besar dan kecil di sebuah lahan kosong tanpa fasilitas WC umum dan MCK.

Melansir dari Tempo.co, seorang pengungsi, bernama Endo (50 tahun) menyebutkan, terdapat 146 kepala keluarga terdampak gempa yang menempati tenda pengungsian tersebut.

Baca Juga: Zona Merah Membentang dari Palabuhanratu, PUPR: Tak Boleh Ada Permukiman di Jalur Sesar Cimandiri

Menurutnya, saat ini pengungsi hanya menggunakan fasilitas toilet seadanya tanpa dilengkapi sarana air bersih.

"WC seadanya hanya berdinding material seng bekas reruntuhan, tanpa ada air bersih. Kondisi ini sudah terjadi sejak hari pertama gempa," kata Endo kepada wartawan, Senin 12 Desember 2022.

Akibat tidak ada fasilitas sanitasi dan air bersih, kata Endo, ratusan pengungsi mulai mengeluhkan gatal-gatal dan sakit lainnya seperti batuk, flu, dan diare.

Baca Juga: Daftar 6 Sesar Aktif Jawa Barat, 3 Diantaranya Ada di Sukabumi

"Terdapat sekitar 20 tenda yang ditempati pengungsi. Mereka sudah keluhkan gatal-gatal, karena tidak adanya pasokan air bersih dan sarana toilet yang layak," jelasnya.

Sementara itu, pengungsi lainnya Dedeh (41 tahun), mengaku terpaksa menggunakan air sungai saat selesai beraktivitas buang air besar dan kecil.

"Anak-anak saya sudah banyak yang kena gatal-gatal. Selain itu, mereka juga menderita batuk dan flu serta diare karena kondisi tenda pengungsian yang bocor saat hujan," ucap Dedeh.

Sumber: Tempo.co (Deden Abdul Aziz)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT