Sukabumi Update

Kolam Masjid Al Jabbar Dipakai Renang Layaknya Waterboom, Ridwan Kamil Sebut Wajar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat peresmian Masjid Raya Al Jabbar di Kota Bandung. | Foto: Facebook Ridwan Kamil

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merespons tingkah pengunjung yang menjadikan kolam retensi yang berada di Masjid Raya Al Jabbar, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, sebagai tempat berenang layaknya waterboom adalah bentuk euforia masyarakat usai masjid tersebut diresmikan pekan lalu. Sehingga ia memandang permasalahan tersebut, termasuk masalah sampah, adalah hal yang wajar.

"Ini hal baru, wajar ramai. Lebih baik ramai daripada tidak ramai," kata Ridwan Kamil dikutip dari siaran pers Humas Jabar, Selasa (3/1/2023).

Meski begitu, Ridwan Kamil menuturkan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi menyikapi permasalahan tersebut. Sejumlah langkah antisipasi tetap diambil untuk menjaga kebersihan dan keindahan masjid raya Provinsi Jabar.

Baca Juga: Warung di Sukabumi Kemalingan, Pelakunya Terekam CCTV Gondol 3 Tabung Elpiji

"Ini masalahnya karena rame sekali, makannya tadi dirapatkan, diperbaiki akan ada papan pengumuman, juga pemberitahuan pasukan khusus pakai toa (pelantang) untuk mengingatkan (masyarakat) tidak buang sampah sembarangan, tidak main air di kolam retensi yang bukan seharusnya. PKL juga ditertibkan," tegasnya.

Selain itu, Ridwan Kamil juga menyampaikan dalam rapat koordinasi, agar peresmian Museum Al Jabbar pada Februari 2023 dipersiapkan dengan matang.

"Dipersiapkan untuk Februari 2023, museum dibuka itu kan harus online," ujarnya.

Gubernur Ridwan Kamil kembali menegaskan, dinamika masa-masa awal Masjid Raya Al Jabbar adalah hal wajar, yang terpenting bagaimana DKM cepat mencari solusi dan memastikan kejadian serupa tidak terulang.

Baca Juga: Lebaran 2023 Difungsionalkan? Operator Bilang Target Proyek Tol Bocimi Seksi 2 Tak Terprediksi

Sebelumnya, Masjid Raya Al Jabbar yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Ridwan Kamil kini tengah viral di media sosial Twitter. Pasalnya, ikon baru dari Jawa Barat itu, halaman masjid yang terdapat kolam air berubah layaknya waterboom.

Seperti diketahui, Masjid Raya Al Jabbar yang baru saja diresmikan Jumat (30/12/2022) lalu langsung disambut antusias masyarakat. Sayangnya tak sedikit di antaranya yang justru bertindak kurang bijak kala berkunjung ke masjid yang memiliki desain unik tersebut.

Hal itu seperti dikutip dari video singkat yang diunggah akun TikTok @kelpshaaake. Dalam video tersebut terlihat sejumlah kolam yang menghiasi beberapa sudut masjid justru dimanfaatkan untuk mandi.

Tampak sejumlah anak-anak asyik bermain di kolam di kawasan masjid yang airnya keruh, seperti dihimpun dari Joglo.suara.com (Portal Suara.com).

"Ini masjid atau waterboom sihh??" tulis narasi di video tersebut.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT