TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

IPHI Jabar: Usulan Biaya Haji Rp 69 juta dinilai memberatkan

IPHI Jabar: Usulan Biaya Haji Rp 69 juta dinilai memberatkan. | (Sumber : Istimewa).

SUKABUMIUPDATE.com - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) menilai terlalu memberatkan usulan kenaikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1444 H/2023 M sebesar Rp 69.193.733,60 per jemaah yang disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas.

IPHI meminta agar pemerintah mempertimbangkan kembali mengenai usulan kenaikan penyesuaian biaya yang disampaikan Menag tersebut.

"Saya kira pemerintah agar bijak dalam menaikan biaya haji tahun 2023, kenaikannya jangan terlalu tinggi. 

Kita percaya apa yang disampaikan oleh Menag masih berupa usulan bahwa biaya pelaksanaan haji memang naik dan banyak hal yg perlu penyesuaian, tapi tentunya nanti DPR RI juga akan sama menghitung ulang secara bijak" kata Ketua PW IPHI Jawa Barat Dr. H. Ijang Faisal, M.Si kepada wartawan, sabtu (21/1/2023).

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu You & I Oleh Diego Gonzales

Lebih lanjut, H. Ijang mengatakan kendati ada kenaikan biaya haji tentu akan lebih baik, jika kenaikannya jangan terlalu tinggi, ya maksimal fifty-fifty agar warga yang ingin melaksanakan ibadah haji bisa merjangkau.

"Masyarakat ingin kenaikan biaya ONH bisa ditekan seminimal mungkin agar lebih terjangkau," ujar H. Ijang.

H. Ijang menyampaikan bahwa hitungan IPHI untuk biaya haji tahun 2023 adalah sebesar Rp. 45 jutaan, sekalipun kalau dibandingkan dengan negara lain di ASEAN. Menurut dia, biaya haji di Indonesia sudah cukup wajar dan kompetitif.

Baca Juga: Aturan Bagi-Bagi Angpao Imlek 2023, Syarat hingga Isi Uang Amplop

"Haji harus memberi dampak ekonomi buat UMKM Indonesia, karena kegiatan haji bukan hanya menunaikan rukun Islam saja tapi juga ada trading yang mesti memberikan manfaat terhadap umat" imbuh H. Ijang.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT