Sukabumi Update

Kapolda Jabar Perintahkan Kapolres Beri Tindakan Tegas pada Geng Motor

Patroli malam cegah geng motor dan kejahatan jalanan di Sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana memberikan atensi khusus untuk kejahatan jalanan dan geng motor yang makin meresahkan akhir-akhir ini. Ia meminta seluruh Kapolres di Jawa Barat untuk memberi tindakan tegas kepada pelaku kejahatan tersebut, termasuk meminta bantuan pasukan Brimob.

Dalam akun medsos resmi Humas Polda, Irjen Pol Suntana meminta jajaran Polres meningkatkan patroli malam yang di backup oleh Brimob, sebagai langkah strategis menekan aksi-aksi kejahatan.

"Polda Jabar beserta Jajaran Polres tidak akan ragu memberikan tindakan tegas terhadap kelompok- kelompok motor yang berbuat onar dan meresahkan masyarakat.”

Baca Juga: Miris! 99 Kasus Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan Terjadi di Sukabumi

Kapolda Jabar juga meminta partisipasi aktif warga untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban. “Segera laporkan ke pihak yang berwajib apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan, agar dapat dilakukan pencegahan sedini mungkin guna terjaganya kamtibmas.”

Masih dari akun yang sama, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan, Kapolda Jabar menginstruksikan agar patroli motor digiatkan baik di kekuatan internal masing-masing Polres atau ditambah Sat Brimob Polda Jabar.

“Jadi di semua daerah, semua kapolres-kapolresnya bisa menggunakan pasukan Brimob untuk membantu melaksanakan patroli antisipasi kejadian kejadian curas dan yang lain lain”, kata Ibrahim Tompo.

Baca Juga: Kantongi Identitas, Polisi Buru Pembacok Remaja di Palabuhanratu Sukabumi

Kombes Ibrahim Tompo mengatakan aksi-aksi kejahatan seperti begal, geng motor, hingga penganiayaan telah menjadi atensi Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana. Menurutnya, peningkatan patroli malam yang dibackup oleh Brimob merupakan salah satu langkah strategis untuk menekan aksi-aksi kejahatan.

“Terkait begal curas juga ada perkelahian antar geng motor hari ini bapak kapolda memberi antensi situasi tersebut dan menginstruksikan semua jajaran untuk meningkatkan giat patrolinya dan giat preventifnya termasuk juga pola pola giat preventif atau represif ditingkatkan”, ujar Ibrahim.

Kabid Humas Polda Jabar mengaku telah melakukan pemetaan daerah rawan hingga pendataan terhadap kelompok motor yang ada di Jawa Barat. Menurutnya, pihaknya akan mengedepankan langkah humanis terhadap kelompok motor dengan melakukan pembinaan.

Baca Juga: Polisi Amankan CCTV dan Periksa Saksi, Kasus Mayat di Sungai Cipelang Sukabumi

Namun, pihaknya pun tidak akan ragu memberikan tindakan tegas terhadap kelompok-kelompok motor yang membuat onar dan meresahkan masyarakat.

“Ada beberapa data data kita terkait dengan kelompok kelompok geng motor tersebut. data data ini kita simpan untuk bertahap dan akan kita lakukan pembinaan apabila memang kita tidak bisa melakukan pembinaan kita akan tindak secara tegas terhadap mereka”, katanya.
“Insyaa’Allah pola ini akan tetap intens dilakukan semoga masyarakat bisa merasa terlindungi dengan upaya yang kita lakukan ini”, tutupnya.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT