Sukabumi Update

Reses II di Limbangan Sukabumi, Hendar Darsono Sebut Warga Butuh Pasar Desa

Reses II 2022-2023 anggota DPRD Jabar Hendar Darsono di Desa Limbangan Sukaraja Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Jabar Hendar Darsono memulai agenda reses II 2022-2023 di Desa Limbangan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Banyak aspirasi yang disampaikan warga limbang kepada anggota Fraksi Partai Demokrat ini, salah satunya pusat perdagangan dan perekonomian, berupa Pasar Desa.

Silaturahmi Hendar dengan warga Limbangan berlangsung Senin, 13 Februari 2023 GOR Niaga Kampung Limbangan RT 02 RW 01. Reses ini dihadiri oleh warga, ulama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan unsur pemerintah desa serta kecamatan.

“Reses ini dihadiri pemerintah Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Camat Sukaraja, tokmas, tokoh pemuda dan masyarakat,” jelas Hendar kepada sukabumiupdate.com, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga: Sandal Licin dan Terluka, Cerita Lansia Penjual Gorengan Keliling di Sukabumi

Dari banyak aspirasi dari Kecamatan Sukaraja ini, ada 4 isu utama yang akan dibawa Hendar ke DPRD Jabar. Yaitu; bantuan permodalan UMKM; kedua permohonan bantuan fasilitas pembangunan Pasar Desa Limbangan; bantuan untuk korban gempa di Desa Cisarua’ dan bantuan perbaikan jalan di Kampung Cisarua RW 03

“Terkait pasar desa, kita sepakat keberadaannya dibutuhkan oleh warga.Pasar desanya baru mau merintis, sehingga perlu dorongan bantuan supaya bisa terwujud demi kepentingan masyarakat,” beber Hendar yang duduk di Komisi II DPRD Jabar.

Soal pasar desa, Hendar mendapatkan banyak informasi dari warga di Limbangan. Sesuai fungsinya, Pasar desa adalah pusat perekonomian di wilayah pedesaan yang keberadaannya disepakati dari hasil musyawarah dusun dan desa, dimana fungsinya sama dengan pasar konvensional pada umumnya, dengan tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berada di wilayah pedesaan.

Baca Juga: Tilang Elektronik, Wilayah Hukum Polres Sukabumi Kota Resmi Terapkan ETLE Mobile

Dalam momen reses tersebut, Anwari Ketua RW 01 Desa Limbangan menyebut pangsa pasar desa adalah warga desa-desa yang berada di sekitaran pasar tersebut, untuk memenuhi kebutuhan pokok dan lainnya.

Pasar Desa ini adalah aspirasi yang disusun secara tertulis kepada Hendar Darsono. Dimana pasar desa bisa menjadi tempat penjualan berbagai macam hasil pertanian warga. Selain itu bahan sembako juga makin dekat dengan warga karena didistribusikan langsung pabrik melalui agen-agennya.

Selain itu Pasar Desa juga bisa menjadi tempat relokasi sebagian pedagang makanan jajanan yang belum memiliki lapak berjualan. Menjual hasil home industri dari warga desa seperti makanan dan kerajinan.

Baca Juga: Termasuk di Sukabumi, Daftar Aksi SCG bersama Generasi Muda Indonesia

Hendar menegaskan bahwa banyak aspirasi yang sudah dicatat dan nantinya akan diperjuangkan di Provinsi Jawa Barat. “Alhamdulillah reses berjalan dengan tertib dan lancar, masyarakat antusias untuk hadir, Mudah-mudahan aspirasinya bisa terwujud demi kepentingan masyarakat,” tegas wakil rakyat dari daerah pemilihan Sukabumi kota dan Kabupaten ini.

(advertorial)

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT