Sukabumi Update

Jalan Nasional Sukabumi Bogor Ditutup Total! Longsor Susulan Jembatan Cikereteg

Longsor susulan jembatan cikereteg, Senin (27/2/2023). Akses jalan nasional Sukabumi Bogor ditutup total (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Longsor susulan terjadi di jembatan Cikereteg, jalan nasional Sukabumi - Bogor pada Senin (27/2/2023) sekitar pukul 10.42 WIB. Jalan utama penghubung Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor ini ditutup total, untuk mengantisipasi ancaman keselamatan bagi pengguna jalan.

Video longsor susulan di jembatan cikereteg ini beredar di WAG warga khususnya kalangan sopir angkutan umum yang biasa melintas kawasan tersebut. Dalam rekaman berdurasi 16 detik tersebut, terlihat detik-detik, badan jalan nasional longsor.

Sejumlah petugas yang tengah melakukan perbaikan jembatan (Kementerian PUPR) bahkan berlarian untuk menghindari longsor susulan. Beberapa pria dalam rekaman juga berteriak meminta kendaraan tidak melintas.

Baca Juga: Hati-hati! Jembatan Cikereteg Longsor, Kendaraan Berat Diarahkan ke Tol Bocimi

“Mobil stop, mobil stop,” ucap pria dalam rekaman video.

Dalam video yang didapatkan redaksi sukabumiupdate.com, petugas sudah menutup total badan jalan di jembatan cikereteg yang sebelumnya masih dilintasi kendaraan dengan sistem buka tutup. Per jam 11.00 WIB jalan nasional di jembatan Cikereteg ditutup total untuk semua kendaraan, baik roda dua, empat atau lebih.

“Bagi pengguna jalan harap mencari jalan-jalan alternatif, karena jembatan cikereteg sudah ditutup total,” kata pria dalam video tersebut.

Baca Juga: Kisah Guling Munding dan Anak Baju Merah di Jalur Menuju Geopark Ciletuh Sukabumi

Terlihat garis pengaman dipasang untuk menutup jembatan cikereteg, baik dari arah sukabumi maupun bogor. Sejumlah petugas gabungan juga berjaga agar tidak ada kendaraan yang nekat melintasi jembatan cikereteg.

Sebelumnya, jembatan Cikereteg di jalan nasional Sukabumi-Bogor kembali longsor sejak Jumat, 24 Februari 2023. Jalan dan jembatan amblas hingga menyisakan sedikit saja badan jalan yang bisa dilalui kendaraan.

Untuk meminimalisir kecelakaan dan meluasnya dampak longsor, polisi dan kementerian PUPR memberlakukan buka tutup jalan dari kedua arah di sekitar jembatan.

Baca Juga: Sejarah Papajar, Tradisi Sambut Ramadhan Khas Sunda yang Akrab di Sukabumi

"Longsornya melebar saat ini arus bergantian," ujar Kepala Bagian Operasional (KBO) Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana kepada sukabumiupdate.com, Jumat (24/2/2023).

"Kami menghimbau untuk kendaraan-kendaraan besar yang akan menuju Sukabumi atau menuju Ciawi untuk melewati Tol Bocimi," ujarnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT