Sukabumi Update

Pemotor Lewat Sini! Jembatan Cikereteg Longsor, Jalan Nasional Sukabumi Bogor Ditutup

Kementerian PUPR menutup sementara akses jalan nasional sukabumi bogor pasca longsor susulan jembatan cikereteg (Sumber: PUPR jalan DKIJabar)

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan nasional Sukabumi Bogor ditutup pasca longsor susulan di Jembatan Cikereteg Caringin Kabupaten Sukabumi, Senin (27/2/2023). Roda 4 atau lebih diarahkan melintas tol bocimi, sementara pengendara roda dua bisa menggunakan jalur-jalur alternatif di sekitar jembatan cikereteg.

Kementerian PUPR melalui PJN Wilayah V Jawa Barat BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat menjelaskan longsor susulan menyebabkan Jembatan Cikereteg terputus. PPK 5.3 Rendra Yudhi mengatakan, ruas adalah ini merupakan ruas jalan nasional yang menghubungkan Bogor ke Sukabumi dan saat ini menjadi ruas utama selain melalui Tol Bocimi sebagai jalur menuju Sukabumi.

Ia menjelaskan kerusakan Jembatan Cikereteg ini sudah terjadi mulai dari akhir tahun 2022. Dimulai dengan longsor pada lereng, dan pada bulan Februari dengan intensitas hujan yg tinggi.

Baca Juga: Jalan Nasional Sukabumi Bogor Ditutup Total! Longsor Susulan Jembatan Cikereteg

“Pada tanggal 15 hingga hari ini Senin (27/2), intensitas hujan yang cukup tinggi menyebabkan badan jalan mulai tergerus yang awalnya longsor pada trotoar kemudian melebar hingga badan jalan. Tindakan saat ini dengan menyiagakan alat berat yg sudah standby di lapangan yaitu 1 unit Excavator PC 200 dengan total manpower 20 orang. ” kata Rendra Yudhi dikutip dari akun medsos resmi pupr.

Menurut Rendra saat ini untuk ruas jalan Bogor - Sukabumi tertutup sehingga dilaksanakan pengalihan arus lalu lintas untuk semua kendaraan. Roda Empat dan lebih diarahkan melalui Tol Bocimi, dari Jakarta dialihkan keluar di Exit Tol Caringin sementara dari arah Sukabumi melalui Exit Tol Ciawi (Pasar) atau Rancamaya.

”Sementara untuk kendaraan roda dua dialihkan melalui Cibolang dan Pasar Cikereteg,” ungkapnya.

Baca Juga: Jembatan Cikereteg Longsor Lagi, Polisi Pantau Lalu Lintas Sukabumi Utara

Rendra menambahkan, penanganan untuk fungsional ruas Jalan Nasional Bogor - Sukabumi dalam waktu dekat akan memasang Jembatan Bailey (jembatan sementara) sambil terus dilaksanakannya pekerjaan permanen.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT