Sukabumi Update

Guru Pengkritik Ridwan Kamil Tolak Kembali Mengajar di SMK Telkom Cirebon, Ini Alasannya

Muhammad Sabil Fadhilah, guru yang dipecat usai mengkritik Ridwan Kamil menolak kembali mengajar di SMK Telkom Cirebon | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Baru-baru ini media sosial diramaikan oleh kasus dipecatnya seorang guru SMK di kota Cirebon, Muhammad Sabil Fadhilah lantaran telah mengkritik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di media sosial.

Hal tersebut pun langsung menuai pro kontra di masyarakat. Banyak yang menganggap jika pemecatan guru tersebut terlalu berlebihan, namun tak sedikit juga yang setuju dan menyayangkan tindakan yang telah dilakukan guru tersebut karena dianggap bertentangan dengan norma kesopanan.

Namun, kini kabarnya pihak sekolah memberi kesempatan kepada Muhammad Sabil Fadhilah untuk kembali mengajar.

Melansir dari Tempo.co, Yayasan Miftahul Ulum yang menaungi SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon, Jawa Barat, bakal menerima kembali Muhammad Sabil Fadhilah sebagai guru di sekolah tersebut.

Baca Juga: 7 Fakta Guru Cirebon Dipecat Imbas Sebut 'Maneh' Saat Kritik Ridwan Kamil

"Kami membuka kembali seluas-luasnya kalau mau mengajar lagi," kata Humas Yayasan Miftahul Ulum Kota Cirebon Elis Suswati pada Kamis, 16 Maret 2023.

Elis mengatakan Muhammad Sabil Fadhilah menjadi guru di SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon, sejak 2020. Sejak bergabung hingga sekarang, kata Elis, Sabil sudah dua kali mendapatkan surat peringatan (SP) terkait kode etik.

Elis mengatakan adanya komentar yang dinilai kurang pantas sebagai seorang pengajar kepada Gubernur Ridwan Kamil, pihak sekolah memasukkan Muhammad Sabil Fadhilah dalam pelanggaran etik sehingga yang bersangkutan dipecat.

Namun, Elis memberi catatan Sabil bisa menjadi pengajar kembali dengan catatan mengikuti aturan yayasan. "Kami membuka kembali ketika yang bersangkutan mau. Selama bisa mengikuti aturan yayasan, kami beri kesempatan lagi," ujarnya.

Baca Juga: Viral Guru Honorer Dipecat Usai Komen ‘Maneh’, Ridwan Kamil Beri Klarifikasi

Sementara itu mantan Guru SMK Telkom Sekar Kemuning Muhammad Sabil Fadhilah mengaku tidak akan kembali ke sekolah tersebut karena merasa perbuatannya berdampak pada sekolah.

"Nggak (tidak mau kembali), karena saya merasa nggak enak sama SMK karena kena impact terbawa-bawa atas kejadian ini," katanya.

Sebelumnya, Sabil dalam laman komentar akun Instagram Ridwan Kamil berkomentar "Dalam zoom ini, maneh teh keur jadi sebagai gubernur, kader partai, atau pribadi ridwan kamil?" (Dalam zoom ini, anda sedang jadi gubernur, kader partai, atau pribadi Ridwan Kamil?".

Baca Juga: Guru Cirebon Dipecat Diduga Gegara Kritik Ridwan Kamil, Warganet: Antikritik!

Lantas komentar tersebut di-pin sehingga menjadi komentar teratas di unggahan Ridwan Kamil. Ridwan Kamil membalas komentar tersebut dengan "Menurut Maneh Kumaha?".

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT