Sukabumi Update

Jadi Pilihan Meski Macet, Kata Warga Sukabumi Soal Jembatan Sementara Cikereteg

Suasana jembatan sementara Bailey di Cikereteg bagi kendaraan dari Sukabumi menuju Bogor atau sebaliknya pada Kamis, 23 Maret 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Meski kerap terjadi antrean dan kini mengalami retakan, jembatan sementara Bailey di Cikereteg tetap menjadi pilihan bagi pengendara roda dua, termasuk warga Sukabumi yang harus bekerja ke Bogor. Jembatan ini menjadi penghubung Bogor-Sukabumi di tengah perbaikan jembatan utama yang amblas.

Panji Lesmana (34 tahun) harus menempuh perjalanan bekerja dari Cidahu, Kabupaten Sukabumi, menuju Ciawi, Kabupaten Bogor. Dia menilai jembatan Bailey lebih layak dilalui daripada jalur alternatif lainnya. Selama fungsional sambil menunggu perbaikan jembatan utama, Panji selalu memilih jembatan ini untuk berangkat dan pulang kerja.

"Ketimbang lewat alternatif (yang lain), lebih baik macet-macetan di jembatan sementara Bailey karena masih merasa lebih aman dan pasti ujung-ujungnya lewat juga. Tinggal mengatur kesabaran," kata dia kepada sukabumiupdate.com pada Kamis, 23 Maret 2023.

Baca Juga: Ada Retakan! Jembatan Sementara Cikereteg Bogor Ditutup untuk Mobil

Selain jembatan Bailey, Panji menyebut ada dua jalur alternatif yang dapat menjadi pilihan untuk menuju kantornya di Ciawi yakni lewat Rancamaya dan Veteran. Namun, kedua jalur ini ukuran jalannya cukup sempit. Diketahui, Panji biasanya berangkat bekerja menggunakan sepeda motor, tetapi sesekali pernah membawa mobil.

"Lewat Rancamaya hanya bisa untuk sepeda motor, sedangkan lewat Veteran hanya bisa satu mobil. Ditambah jalur Rancamaya ini cukup ekstrem. Sementara jalur Veteran yang bisa menggunakan mobil, risikonya kalau ada dua mobil berpapasan, suka macet," ujar dia.

Setiap melewati jembatan sementara Bailey saat pagi atau sore, Panji mengatakan selalu ada petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan yang mengatur lalu lintas, termasuk ketika dirinya melewati jembatan ini pada malam hari. "Bahkan saya pernah lewat sekira jam 9 malam, masih ada (petugas kepolisian) yang mengatur. Jadi pengendara tidak terlalu liar," katanya.

Diberitakan sebelumnya, jembatan sementara Bailey ditutup untuk kendaraan roda empat atau mobil sejak Rabu, 22 Maret 2023. Penyebabnya ada retakan pada aspal jalan di area longsor yang mengarah ke jembatan yang dibuka fungsional sejak Senin, 13 Maret 2023, tersebut.

Baca Juga: Longsor Cikereteg Sukabumi-Bogor Ungkap "Gonggo Burung" Peninggalan Belanda

Panji mengatakan sebelum jembatan sementara ini ditutup untuk mobil, nyaris tidak ada kendala teknis. Hanya kendala non-teknis seperti setiap kendaraan harus sabar bergiliran melintasi jembatan sementara Bailey. Namun sebelum ditutup untuk roda empat, sudah diterapkan jam khusus bagi mobil yang akan melintasi jembatan ini.

"Saat ini mobil sudah tidak bisa lewat situ (jembatan bailey), tapi harus lewat tol, makanya saya lebih baik menggunakan motor," kata dia.

Walaupun menggunakan sepeda motor, Panji tetap harus menyesuaikan waktu tempuh lantaran potensi antrean tetap ada. "Saya menyesuaikan karena harus nambah waktu sekitar 30 menit. Saya masuk kerja jam 08.00, jadi maksimal 06.30 harus sudah berangkat. Intinya berangkat lebih pagi. Kalau tidak, datang ke kantor telat," ujarnya.

Kendaraan roda empat yang biasanya lewat jembatan sementara Bailey, baik dari Sukabumi menuju Bogor atau sebaliknya, saat ini dialihkan ke Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi).

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT