Sukabumi Update

Jokowi Resmikan KEK Lido: Theme Park dan Movie Land di Perbatasan Sukabumi Bogor

Desain KEK Lido di Kabupaten Bogor. | Foto: mncland.com

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido milik bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. KEK tersebut berada di Kecamatan Cigombong yang berbatasan dengan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Mengutip tempo.co, saat peresmian, Jokowi memuji pemilihan lokasi KEK Lido yang hanya berjarak 50 menit perjalanan dari Jakarta. Kawasan ini juga dikelilingi Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak. "Sulit mencari lokasi seperti di Lido ini, dan saya melihat Pak Hary Tanoe tajem banget," kata Jokowi, Jumat, 31 Maret 2023.

Jokowi mengaku senang setelah sempat berputar-putar di KEK Lido sebab infrastruktur yang dibangun pemerintah seperti bandara, pelabuhan, hingga jalan tol, satu per satu sudah mulai dimanfaatkan swasta.

"Contoh jalan tol, saya sampaikan, jalan tol yang sudah kita bangun di pulau Jawa, di Sumatera, di Kalimantan, di Sulawesi, meskipun baru sepotong dua potong, tapi segera itu disambungkan dengan jalan tol," kata dia.

Baca Juga: 5 Proyek KEK Lido Selesai 2022, Perputaran Uang di Perbatasan Sukabumi Bogor

Baik dengan kawasan industri, pertanian, perkebunan, hingga pariwisata, sehingga memberikan nilai manfaat yang maksimal. Itu yang terjadi di KEK Lido, kata Jokowi, karena Hary memanfaatkan Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) yang sudah bersambung dengan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi).

Selain itu, Jokowi juga senang bahwa di KEK Lido ini akan ada theme park, movie land, water park, techno park, hingga kawasan untuk otomotif. Untuk itu, Jokowi berharap tidak ada lagi masyarakat yang lebih senang liburan ke luar negeri daripada di negerinya sendiri.

Sehingga, uang dari Indonesia tidak pergi ke luar tapi tetap berada di Tanah Air. "Hal seperti ini lah yang diharapkan pemerintah agar pembangunan infrastruktur yang telah kita kerjakan itu betul-betul secara ekonomis dimanfaatkan oleh sektor swasta," ujarnya.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT