Sukabumi Update

Ada 12.400-an Tiket Mudik Gratis di Jawa Barat, Ini Link untuk Daftarnya

(Foto Ilustrasi) Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuka mudik gratis untuk masa Lebaran 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat A Koswara mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuka mudik gratis untuk Lebaran 2023. Mudik gratis ini akan menggunakan moda transportasi bus dan kereta api.

“Untuk tiket yang kami siapkan masing-masing sebanyak 6.500 tiket untuk bus dan 5.954 tiket untuk kereta api,” dikutip dari keterangannya, Rabu, 5 April 2023.

Mudik gratis diselenggarakan tanggal 15-18 April 2023. Warga Jawa Barat yang ingin mengikuti program mudik gratis dapat mendaftar lewat laman https://mudik-dishub.jabarprov.go.id untuk mudik menggunakan bus atau pun kereta jarak jauh.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan mudik gratis ini agar perjalanan mudik dapat ditempuh dengan lebih aman," kata Koswara.

Baca Juga: Arus Lalu Lintas Pemudik di Kota Sukabumi Dipantau CCTV

Hasil survei potensi pergerakan masyarakat pada masa liburan Lebaran 2023 sebanyak 87 persen atau setara 43,44 juta warga akan melakukan perjalanan di Jawa Barat. Dari jumlah tersebut 43 persennya atau setara 18,68 juta orang menyatakan perjalanan itu untuk tujuan mudik.

Tingginya potensi pergerakan pada masa liburan Lebaran 2023 mengakibatkan naiknya potensi kemacetan lalu lintas. Apa lagi preferensi moda kendaraan yang menjadi pilihan pemudik didominasi kendaraan pribadi khususnya sepeda motor.

Perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor memiliki risiko tinggi kecelakaan sehingga Pemerintah Provinsi Jawa Barat memutuskan menggelar mudik gratis.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT