Sukabumi Update

Shalat Idul Fitri di Az Zaytun Indramayu Viral, Perempuan-Lelaki Satu Shaf

Shalat Idul Fitri di Az Zaytun Indramayu Viral, Perempuan-Lelaki Satu Shaf (Sumber : Instagram/@undercover.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) adalah salah satu Perguruan Tinggi di Indramayu, Jawa Barat. Nama Az Zaytun tiba-tiba dibahas usai Tata Cara Shalat Idul Fitri yang dilakukan viral di media sosial.

Suasana Shalat Idul Fitri di Masjid Al Zaytun Indonesia, Indramayu ini menjadi sorotan warganet. Pasalnya Az Zaytun pada masa lalu selalu dikaitkan dengan gerakan Negara Islam Indonesia (NII) KW 9.

Melansir dari Depok.suara.com, melalui unggahan akun Instagram @Undercover.id, terlihat jemaah Az Zaytun Shalat Ied layaknya umat Muslim lain. Mereka pun mengikuti jadwal Idul Fitri seperti pemerintah yakni Sabtu, 22 April 2023.

Baca Juga: Link Live Streaming CCTV Jalan Tol, Pantauan Realtime Arus Mudik Lebaran 2023

Namun banyak masyarakat yang menyoroti ritual shalat jemaah Az Zaytun. Pasalnya ada salah seorang wanita yang berdiri di shaf laki-laki bahkan berada di belakang imam.

Dijelaskan oleh salah seorang warganet sosok tersebut ternyata adalah istri dari pemimpin Al Zaytun, Panji Gumilang. Dikatakan bahwa ritual itu sudah menjadi kebiasaan dari jemaah Al Zaytun.

"Aduh, mau jawab gimana ya bingung... gue kebetulan alumni sana. Ajaran mereka kalau untuk santrinya sih benar dan gak ada melenceng. Cuma, perempuan ini yang ada di foto adalah istri syaikh (yang jadi imam) dan daridulu emang Ummi ada kayak privilej tapi di jaman gue gak gini," tulis warganet, dikutip Senin (24/4/2023).

Baca Juga: Sejarah Ponpes Al Zaytun di Indramayu, Viral Campurkan Lelaki-Perempuan saat Salat Ied

Sementara itu hingga kini belum ada tanggapan dari pihak Az Zaytun. Bahkan komentar Instagram Az Zaytun terpantau dinonaktifkan.

Dikutip terpisah yang melansir data Pangkalan Data pendidikan Tinggi (PDDikti), Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) berlokasi di Blok Sandrem Mekarjaya Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Kampus Az Zaytun telah berdiri sejak 10 Desember 2012 silam.

Saat ini ada enam Progam Studi Sarjana (S1) di IAI Az Zaytun Indonesia dan seluruhnya terakreditasi baik. Program Studi Az Zaytun tersebut yakni Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Tatanegara, Komunikasi Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah.

Sumber: Depok.suara.com

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT