Sukabumi Update

Zona Sesar Cimandiri, Gempa Goyang Sukabumi dan Bogor

Gempa Bumi 3,4 Magnitudo Guncang Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa telah menggoyang sejumlah wilayah di Sukabumi dan Bogor pada Rabu malam, 3 Mei 2023. BMKG menyebut gempa itu berkekuatan Magnitudo 3,5--diperbarui dari info awal M3,4 dengan pusatnya yang berada di darat, di zona Sesar Cimandiri.

Gempa tepatnya dicatat BMKG terjadi pada pukul 20.54 WIB. Episentrumnya berjarak 21 kilometer barat daya Kota Bogor. Kedalamannya 5 kilometer. "Jenis gempa bumi dangkal diduga akibat aktivitas sesar Cimandiri," bunyi keterangan dari Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Menurut data yang dihimpun BMKG, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Caringin, Cibadak, Cimanggu, dan Cicurug di Sukabumi pada skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Sedangkan di Bogor dan daerah Pelabuhan Ratu terukur pada skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

BMKG belum menerima laporan kerusakan bangunan sebagai dampak gempa darat tersebut. Juga belum mencatat adanya gempa susulan hingga hampir 30 menit berselang.

BMKG pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dan harus memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT