Sukabumi Update

Jembatan Cikereteg Bakal Ditutup Total Selama 4 Hari, Catat Jadwalnya!

Kondisi arus lalu lintas di jembatan Cikereteg ruas jalan nasional Sukabumi-Bogor 27 April 2023. (Sumber : Akun Twitter Polsek Caringin Polres Bogor)

SUKABUMIUPDATE.com - Mulai Senin 5 Juni sampai Kamis 8 Juni 2023, penutupan total dua arah baik dari Sukabumi maupun Ciawi akan diberlakukan di jembatan Cikereteg, Bogor.

Rencana rekayasa lalu lintas itu diterapkan, sehubungan dengan adanya percepatan Pekerjaan Mendesak Pasca Bencana Akibat Longsor Cikereteg di ruas jalan nasional Ciawi-Benda tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penutupan dari arah Jakarta akan diberlakukan di simpang Teluk Pinang. Sementara dari arah Sukabumi menuju Jakarta ditutup di Simpang Cikereteg.

Selama penutupan total tersebut, arus lalu lintas dari kedua arah dialihkan ke Jalan Tol Bocimi untuk kendaraan roda empat, truk maupun bus. Sedangkan untuk kendaraan roda dua dapat melintasi jalan-jalan alternatif.

Kemudian dari arah Sukabumi-Cigombong dapat melalui Pasar Cikereteg-Cibolang-Ciderum-Citapen-Ciawi dan sebaliknya. Atau dapat pula melalui jalan alternatif Ciherang Pondok-Rancamaya ke arah Kota Bogor.

Baca Juga: Ada Retakan! Jembatan Sementara Cikereteg Bogor Ditutup untuk Mobil

Adapun rencana penutupan total ini tertuang dalam Surat nomor PW.04. 02/PJNWil.V-JABAR/PPK-5.3/597 yang ditandatangani Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 5.3 Provinsi Jawa Barat, Rendra Yudhi Agustian pada tanggal 30 Mei 2023.

Rencana ini juga berdasarkan hasil keputusan rapat Pembahasan Manajemen Lalu Lintas Pelaksanaan Assembly Launcher Gantry atau pemasangan balok PCI girder Jembatan Cikereteg yang digelar Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta – Jawa Barat Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah V di Caringin, Bogor, Senin, 29 Mei 2023.

Saat dikonfirmasi, Koordinator Lapangan PPK 5.3 PJN Wilayah 5 Jawa Barat Agung Wibowo membenarkan terkait rencana penutupan total jembatan Cikereteg selama empat hari tersebut.

Berdasarkan isi surat, lanjut dia, pelaksanaan Assembly Launcher Gantry jembatan Cikereteg, akan dimulai pada tanggal 1 Juni 2023-8 Juni 2023.

Sebelum penutupan, kata Agung, pada saat pelaksanaan Assembly Launcher Gantry jembatan Cikereteg akan diberlakukan manajemen traffic berupa buka tutup jalan pada saat long weekend.

"Yakni tanggal 1 Juni 2023 sampai 4 Juni 2023, dengan tetap memprioritaskan pengguna jalan. Namun apabila terjadi kepadatan lalu lintas, maka akan kembali dibuka dua arah," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (31/5/2023).

"Pada tanggal 5 Juni 2023 sampai 8 Juni 2023 kemudian akan dilakukan penutupan total dua arah baik dari Sukabumi maupun Ciawi," tambahnya.

Sementara itu hingga berita ini tayang, Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata belum merespon pesan WhatsApp redaksi sukabumiupdate.com terkait informasi lebih lanjut rencana manajemen traffic di jembatan Cikereteg tersebut.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT