Sukabumi Update

Gempa Menggoyang Lemah Cirebon Hingga 3 Kali, Pernah Sangat Merusak

Ilustrasi seismograf. BMKG menyebut gempa yang mengguncang Cirebon Jawa Barat hari ini pernah sangat merusak (Sumber : Getty Images)

SUKABUMIUPDATE.com - Daerah Cirebon, Jawa Barat diguncang gempa hingga tiga kali. BMKG mencatat gempa ketiga yang menggetarkan Cirebon hari ini Kamis (15/6/2023) terjadi pada pukul 16.06 WIB.

Melansir dari Tempo.co, info awal BMKG menyebut kekuatan gempa yaitu M2,9 dan bisa dirasakan pada skala II MMI, atau lemah di Cirebon, Sindang Pancuran, dan Karangsambung. Pada skala itu, gempa hanya dirasakan sebagian orang di dalam rumah.

Pusat gempa berada di darat, 12 kilometer tenggara Kota Cirebon, kedalaman 10 kilometer. Untuk episentrum, posisinya itu hanya selisih satu kilometer dari dua gempa pagi tadi yang berkekuatan masing-masing M2,9 dan 3,2.

Baca Juga: 6 Ajaran Aneh Ponpes Al Zaytun: Ragukan Al-Quran hingga Dosa Zina Ditebus Uang

Pada pagi tadi, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, menerangkan rentetan gempa itu dipicu Sesar Cirebon. "Gempa dangkal," katanya.

Sekalipun tiga yang dicatat BMKG hari ini seluruhnya hanya gempa lemah, namun dalam sejarahnya gempa di Cirebon bisa sangat merusak. Catatan ini disampaikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

"Gempa Cirebon dan Kuningan 1842 VII-VIII MMI – sangat merusak dan Gempa Cirebon 30 November 1853 VI MMI - merusak," katanya lewat akun media sosial Twitter.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT