Sukabumi Update

Ada Perubahan Rencana, Info Terbaru Jembatan Cikereteg Pasca Ditutup Total

Kondisi pemasangan pekerjaan erection girder sepanjang 50,8 meter dengan launcher gantry di area Jembatan Bailey Cikereteg, Jumat 23 Juni 2023 (Sumber: akun youtube edwar widodo)

SUKABUMIUPDATE.com - Rencana pembukaan kembali jalan raya Sukabumi - Bogor ruas jembatan cikereteg oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum final. Pihak kementerian dan instansi terkait masih melakukan pembahasan, terkait perubahan rencana yang awalnya akan dibuka darurat pada 22 Juni 2023.

Sebelumnya penutupan Jembatan bailey Cikereteg di Kabupaten Bogor diperpanjang hingga 22 Juni 2023. Dilansir dari akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar, penutupan tersebut dilakukan setelah dilakukan identifikasi resiko oleh tim PPK 5.3 Provinsi Jawa Barat, akan bahaya pekerjaan erection girder sepanjang 50,8 meter dengan launcher gantry di area Jembatan Bailey Cikereteg.

Karena itu, kendaraan yang menuju Bogor ke Sukabumi atau sebaliknya dapat menggunakan jalan alternatif lain termasuk melalui Tol Bocimi.

Baca Juga: Perubahan Jadwal PPDB Tahap 2 Jawa Barat 2023 Jenjang SMA/Sederajat

"Untuk kendaraan roda 2 dapat menggunakan jalur alternatif Kampung Cibolang dan untuk kendaraan roda 4 dapat melalui Tol Bocimi. Sedangkan untuk pengguna lalu lintas dari Kota Bogor, bisa melalui Batu Tulis keluar di Pasar Caringin dan dari Ciawi melalui Tapos keluar di Pasar Cikereteg," tulis akun @pupr_jalan_dkijabar.

Penutupan total arus lalu lintas di ruas jalan Nasional sendiri sempat direncanakan pihak PUPR pada 5 Juni 2023, namun urung terlaksana. Lewat akun Instagram resmi Kementerian PUPR BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat, penutupan sementara Jembatan yang berlokasi di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor tersebut bukan batal, melainkan diundur jadi tanggal 9 hingga 16 Juni 2023.

Penutupan tersebut dilakukan, karena akan dilaksanakan pemasangan alat launcher girder jembatan yang merupakan bagian dari percepatan penanganan longsor Cikereteg. Selama ditutup kedua arahnya, pengendara sepeda motor yang biasanya melintasi Jembatan Bailey Cikereteg dialihkan menggunakan jalur alternatif Kampung Cibolang.

Baca Juga: Mulai Agustus, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis Selama Tiga Bulan

Sedangkan untuk roda empat atau lebih, dialihkan ke jalan tol Bocimi maupun jalur alternatif. Hal itu sudah dilakukan pasca longsor pada 14 Maret 2023 lalu.

Kemudian untuk pengguna lalu lintas dari Kota Bogor bisa melalui Batu Tulis, keluar di Pasar Caringin dan dari Ciawi melalui Tapos keluar di Pasar Cikereteg.
Informasi terbaru, koordinator Lapangan PPK 5.3 PJN Wilayah 5 Jawa Barat Agung Wibowo yang dihubungi sukabumiupdate.com, Jumat (23/6/2023) membenarkan adanya pembahasan terkait perubahan rencana pembukaan kembali jalur darurat pada 22 Juni 2023.

Baca Juga: Maut di Laut Sukabumi

“Betul ada perubahan rencana. Dan hari ini masih dibahas,” jelas Agung singkat lewat pesan whatsapp.

Baca Juga: Jadwal Persib Bandung di Bulan Juli 2023 Lakoni 5 Pertandingan

Informasi dilapangan, dari pantauan youtuber edwar widodo menggunakan video drone, kondisi jembatan cikereteg masih ditutup untuk semua jenis kendaraan. Jalan kecil yang ada di samping erection girder sepanjang 50,8 meter dengan launcher gantry di area Jembatan Bailey Cikereteg, terlihat hanya bisa dilintasi oleh pejalan kaki saja.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT