Sukabumi Update

Tol Puncak Segera Dibangun, Panjangnya 51 Km dari Caringin Hingga Cianjur

Tol Puncak Segera Dibangun, Panjangnya 51 Km dari Caringin Hingga Cianjur. | (Sumber : Twitter/@ridwankamil.)

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan kabar baik terkait jalur Puncak, Bogor yang selama ini dikenal dengan kemacetannya.

Pemerintah berencana membangun jalan tol di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat sebagai upaya mengurai kemacetan parah yang sering terjadi di daerah tersebut.

Rencananya, panjang jalan tol ini akan mencapai 51,8 Km, menghubungkan dari Caringin hingga Megamendung Cisarua, lalu berlanjut hingga Cianjur.

Baca Juga: 13 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Patut Ditiru, Yuk Lakukan

Jalan tol Puncak - Cianjur mulai diproses dan segera dibangun untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata ini,” tulis Ridwan Kamil di akun Twitter pribadinya @ridwankamil, dikutip Selasa (18/07/2023).

Menurut Ridwan Kamil, pembangunan jalan tol Puncak ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi warga Bogor dan Cianjur terkait kemacetan

“Pembangunan ini menindaklanjuti berbagai aspirasi masyarakat Kab Bogor dan Kab. Cianjur,” ungkapnya.

Baca Juga: 33 Kata-kata Mutiara Mahatma Gandhi yang Penuh Makna dan Motivasi

Jalur Tol ini akan dibangun PUPR BPJT sepanjang 51 km dari Caringin, Megamendung sampai Cianjur, yang nanti akan disambung dari Cianjur ke Padalarang. Nanti bisa disambung oleh Tol Cigatas ke Garut - Tasikmalaya - Ciamis - Banjar - Pangandaran, yang sedang dalam proses pembebasan lahan,” katanya.

Menurut keterangan yang diunggah, panjang tol ini akan mencapai 51,8 Km yang menghubungkan Tol Puncak ini terdiri dari 5 seksi, yaitu:

Seksi I sepanjang 11,6 km
Seksi II sepanjang 6,9 km
Seksi II sepanjang 9,7 km
Seksi IV sepanjang 7,3 km
Seksi V sepanjang 16,3 km

Apabila jalan tol ini selesai bersamaan dengan Tol Bocimi, maka jalur Jawa Barat Selatan akan kuat ekonomi dan lajur Infrastrukturnya jalannya.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

Bagian dari implementasi Perpres Jabodatabekpunjur, yang merupakan kerja sama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten” ucapnya.

Doakan lancar dan bisa secepatnya selesai. Aamiin. Walau jabatan tinggal singkat, namun tetap semangat berkhidmat untuk masyarakat Jawa Barat,” ujarnya.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT