Sukabumi Update

Emil Mau Keliling Dunia Usai Pensiun 5 September, Ini Tiga Calon Pj Gubernur Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengakhiri masa jabatannya pada 5 September 2023. | Foto: Biro Adpim Pemprov Jabar

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengakhiri masa jabatannya pada 5 September 2023. Dirinya meminta kepada calon penerusnya agar bisa menjaga prestasi yang telah diraihnya selama menjabat.

"Jawa Barat kan lagi bagus ya, ada 541 penghargaan, ekonomi terbaik, stunting penanganan terbaik, dan sebagainya, lagi bagus," kata Ridwan Kamil saat ditemui di Istana Negara, Kamis, 3 Agustus 2023, dikutip dari tempo.co.

Siapa pun penerusnya, kata Ridwan Kamil, dia akan memberikan pandangannya soal dinamika yang terjadi di Jawa Barat. "Karena rata-rata kan bukan pemimpin politik ya, dinamika politiknya, sosialnya saya pasti akan konsinyer," kata pria yang akrab disapa Emil itu.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat secara resmi telah mengusulkan tiga nama untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat.

Baca Juga: 9 Agustus, DPRD Jabar Bakal Umumkan 3 Nama Pj Gubernur Pengganti Ridwan Kamil

Ketiganya itu yakni Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin; Dirjen Peraturan Perundangan Kemenkumham Asep Mulyana; dan Guru Besar Universitas Padjajaran Keri Lestari.

"Ini hanya satu pintu, pengusulan dari DPRD, ada nanti pintu pengusulan dari Kemendagri atau Pak Jokowi punya diskresi sendiri, jadi tidak serta merta datang dari 3 nama itu," kata Emil.

Adapun soal rencananya setelah pensiun, Emil mengaku akan menghabiskan waktunya dengan jalan-jalan. "Saya mah pensiun jalan-jalan, keliling dunia, karena 10 tahun nggak pergi-pergi secara pribadi," kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT