Sukabumi Update

Mulai 13 Agustus 2023, Pendakian Gunung Gede Pangrango Bakal Tutup Sementara

Pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup sementara mulai 13 sampai 18 Agustus 2023 | Foto: SU/Oksa Bachtiar Camsyah

SUKABUMIUPDATE.com - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) akan menutup sementara aktivitas pendakian mulai tanggal 13-18 Agustus 2023.

Keputusan ini diambil berkaitan dengan cuaca buruk yang akhir-akhir ini terjadi di kawasan Gunung Gede Pangrango.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor: SE 08/BBTNGGP/Tek/08/2023 tentang Penutupan Kegiatan Pendakian Gunung Gede Pangrango.

Baca Juga: Bahaya! 5 Jalur Ilegal Pendakian Gunung Gede Pangrango di Sukabumi

“Mencermati kondisi cuaca buruk di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, diberitahukan kepada seluruh calon pendaki bahwa kegiatan pendakian pendakian di Gunung Gede Pangrango ditutup sementara untuk umum, dimulai tanggal 13 s.d 18 Agustus 2023”, bunyi surat edaran yang diunggah di akun Instagram resmi BBTNGGP, Jumat, (4/8/2023).

Gunung Gede Pangrango sendiri merupakan salah satu gunung api aktif tertinggi di Jawa Barat. Gunung yang berada di tiga daerah yaitu Sukabumi, Cianjur dan Bogor ini menjadi gunung favorit para pendaki.

Selain karena keindahan pemandangan alamnya, gunung Gede Pangrango juga dianggap memiliki trek pendakian yang tidak terlalu sulit sehingga cocok untuk pendaki pemula.

Baca Juga: Deretan Misteri Gunung Gede Pangrango, Hulu Wano na Pakuan

Ada tiga jalur pendakian resmi yang bisa diakses para pendaki yaitu jalur pendakian Cibodas, Gunung Putri dan jalur pendakian Selabintana di Sukabumi.

Dari ketiga jalur tersebut, jalur Selabintana dinilai merupakan jalur paling sulit dan terpanjang untuk bisa sampai di puncak gunung Gede.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT