Sukabumi Update

Dirasakan Hingga Sukabumi, Gempa 4,6 Magnitudo di Laut Selatan Garut

Gempa magnitudo 4.6, Sabtu (5/8/2023) pukul 11:15:58 WIB, di laut selatan Garut Jawa Barat. (Sumber: BMKG)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga di pesisir selatan Sukabumi dikejutkan dengan getaran gempa pada Sabtu (5/8/2023). BMKG mencatat getaran itu berasal dari gempa gempa magnitudo 4.6pukul 11:15:58 WIB, di laut selatan Garut Jawa Barat.

Koordinator mitigasi gempa dan tsunami BMKG, Dr Daryono mengabarkan bahwa gempa tersebut berlokasi 8.14 LS - 107.31 BT, 121 km Barat Daya Kabupaten Garut Jabar. “Kedalamannya 22 km,” jelasnya kepada jurnalis di grup whatsapp info gempa BMKG.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Daryono gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa dangkal, akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga: Cerita Wabup Saksikan Jokowi Minta Tutut ke Menteri PUPR di Pasar Parungkuda Sukabumi

Menurut Daryono, gempa tersebut dirasakan di Kertajaya, Warungkondang, Garut, Singajaya, Cikalong, Pangalengan, Cikajang, Cidaun, Sindangbarang dengan skala II-III MMI. Juga dirasakan sebagian warga Cianjur dan Sukabumi dengan II MMI.

Sejauh ini belum diketahui dampak dari gempa tersebut. “Warga diminta tetap tenang, dan mengikuti informasi dari sumber resmi pemerintah,” beber Daryono.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT