Sukabumi Update

Sukabumi Siaga Kekeringan, BMKG Ungkap Daerah di Jawa Barat yang Statusnya Awas

(Foto Ilustrasi) BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Barat mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis, Jumat, 1 September 2023. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Barat mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis, Jumat, 1 September 2023. Daerah yang dinyatakan awas kini meluas dari sebelumnya di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Dari keterangan BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Barat, dikutip dari tempo.co, peringatan awas juga mencakup Kecamatan Gegesik di Kabupaten Cirebon. Wilayah lainnya yaitu Kecamatan Jatiwangi, Lemah Sugih, dan Malausma di Kabupaten Majalengka.

Sementara daerah yang masuk kategori siaga yaitu pada sebagian besar Karawang, Subang, Indramayu, Majalengka, Sumedang, Purwakarta, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut. Kemudian Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, dan Pangandaran. Sebagian kecil lainnya di Bogor, Cirebon, dan Kuningan.

Sebelumnya, menurut Ketua Tim Analisis dan Pengolahan Data Klimatologi Dwi Yoga Primartono, prakiraan curah hujan pada September dan Oktober umumnya berkriteria rendah atau kurang dari 100 milimeter per bulan.“Sedangkan prakiraan curah hujan November 2023 umumnya berkriteria menengah antara 100 hingga 300 milimeter per bulan,” ujarnya, Kamis, 24 Agustus 2023.

Baca Juga: El Nino: 3 Sumber Mata Air Menyusut, Kekeringan Landa Kota Sukabumi

Seluruh wilayah Jawa Barat pada September mengalami curah hujan kategori rendah. Sementara pada Oktober, sebagian kecil atau 8,7 persen wilayah Jawa Barat diprediksi mengalami curah hujan menengah. Kondisi itu pada November diprakirakan meluas hingga 77,2 persen di wilayah Jawa Barat.

Pada November, masih ada 19,7 persen wilayah yang diprakirakan mengalami hujan dengan kategori rendah. Sementara 3,1 persen diguyur hujan kategori tinggi. Meskipun September hingga November masih ada hujan, sifatnya di bawah normal.

Pengurangan curah hujan itu menurutnya bisa diasosiasikan karena pengaruh El Nino yang saat ini sudah mencapai level moderat. Berdasarkan hasil perhitungan model saat ini, faktor dinamika atmosfer dan laut dominan semacam El Nino menghasilkan prakiraan musim hujan yang akan datang lebih lambat dari biasanya.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT