Sukabumi Update

Ika Mardiah: Hoaks Bagian dari Literasi, Dampaknya Sangat Besar dan Berbahaya

Penandatanganan perjanjian kerja sama pereplikasian unit saber hoaks daerah di Hotel De Paviljoen Kota Bandung, Sabtu, 2 September 2023. | Foto: Humas Jabar

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah menghadiri acara penandatanganan perjanjian kerja sama pereplikasian unit saber hoaks daerah yang digelar di Hotel De Paviljoen Kota Bandung, Sabtu, 2 September 2023.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kota Sukabumi dan Kota Depok. Ika menuturkan pihaknya terus berkomitmen memberikan asupan literasi digital kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Jawa Barat.

“Hoaks itu bagian dari dunia literasi, namun dampaknya bisa sangat besar dan berbahaya,” tegas Ika.

Ke depan, sambung Ika, pekerjaan kita sepertinya akan meluas seperti penanganan terkait judi online, prostitusi online, pinjaman online, dan kejahatan maya lainnya. “Kalau mereka tidak dilawan, maka negara akan kalah,” ucap Ika.

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi Rahmat Sukandar menuturkan, pihaknya merasa sangat senang dan bangga, telah jadi bagian dalam momentum penandatanganan perjanjian kerja sama replikasi unit saber hoaks saat ini. “Kami sangat senang dengan adanya kerja sama pemberantasan hoaks ini,” ucap Rahmat.

Baca Juga: Kick Off Diskusi Bulanan Cekfakta, Petakan Data Hoaks Jelang Pemilu 2024

Lebih lanjut Rahmat mengatakan, dirinya merasa optimis jika kerja sama ini akan meningkatkan kinerja dalam penanganan hoaks di Kota Sukabumi.

Selain penandatanganan perjanjian kerja sama pereplikasian unit saber hoaks daerah, pada kesempatan yang sama, juga dilakukan deklarasi bersama penanggulangan hoaks melalui upaya penguatan literasi digital.

Deklarasi bersama diikuti oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Daerah Kota Kupang, serta Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Ditemui setelah penandatanganan deklarasi bersama, Plh. Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Barat, Maria Wijayanti mengatakan, bahwa informasi keliru atau hoaks adalah musuh bersama.

“Hoaks ini adalah musuh bersama, maka dalam mengatasinya juga harus bersama, sehingga kita butuh kekuatan besar yang kolaboratif untuk menyelesaikan persoalan besar ini secara bersama-sama,” ungkap Maria.

Dalam acara penandatangaan perjanjian kerja sama replikasi unit saber hoaks dan deklarasi bersama penanggulangan hoaks itu, turut pula hadir dan menyaksikan, Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman.

Bedi mengapresiasi kinerja Tim Jabar Saber Hoaks dalam Upaya memberantas hoaks yang kian masif dan canggih.

“Saya menyaksikan betul, bagaimana Tim Jabar Saber Hoaks bekerja untuk mencerdaskan literasi, kepada kalangan tingkat atas hingga ke kalangan grassroot,“ ucap Bedi saat menjadi pembicara kunci di acara deklaarsi tersebut.

Bedi menambahkan, pihaknya (DPRD Jawa Barat) menganalisa, setidaknya terdapat tiga aspek fenomena penyebaran hoaks dalam konteks politik.

Pertama, diduga ada pihak-pihak dari kalangan tertentu (seperti salah satu tim sukses), yang sengaja memproduksi dan menyebarkannya, untuk menjatuhkan lawan politiknya.

Kedua, dibuat oleh pihak tertentu yang sengaja ingin menghancurkan tatanan demokrasi Indonesia, dan yang terakhir, adanya pihak-pihak yang “iseng tanpa ada intrik politik”, namun mereka berorientasi untuk mencari keuntungan finansial. (ADV)

Sumber: Siaran Pers

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT