Sukabumi Update

Jabar Masuk Daftar Provinsi Paling Rawan Netralitas ASN di Pemilu 2024

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lolly Suhenty | Foto : FB Lolly Suhenty

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty mengungkapkan terdapat 10 daerah dengan tingkat kerawanan pemilu tertinggi dalam konteks netralitas aparatur sipil negara (ASN) pada Pemilu 2024

Menurut Lolly, Provinsi Maluku Utara menjadi daerah dengan kerawanan netralitas tertinggi di Indonesia, diikuti dengan Provinsi Sulawesi Utara. Daerah lainnya ialah Provinsi Banten dan Provinsi Sulawesi Selatan yang diikuti oleh Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, dia menyebutkan kerawanan pemilu soal netralitas ASN juga terjadi di Jawa Barat, Sumatera Barat, Gorontalo, dan Lampung. Untuk itu, Lolly menegaskan pencegahan terhadap tidak netralnya ASN perlu diperhatikan oleh 10 daerah tersebut.

Baca Juga: Kerjasama Mitra DBA, Budidaya Jagung Hibrida di 30 Ha Lahan Cidahu Sukabumi

"Pastikan upaya pencegahannya tepat. Bentuk pencegahan di 10 provinsi ini untuk ASN tentu akan berbeda dengan daerah lain yang posisinya tidak rawan tinggi," kata Lolly di Manado, Sulawesi Utara, seperti dikutip suara.com, Kamis (21/9/2023).

Dia juga mengatakan kepada Bawaslu Provinsi di 10 daerah tersebut untuk berkomunikasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota setempat. Hal itu, tambah dia, diperlukan untuk mencegah para ASN tidak netral dalam pemilu serta melanggar etik dan disiplin.

"Boleh komunikasi kelembagaan, boleh komunikasi personal, tapi tujuannya untuk mencegah orang melakukan pelanggaran," tandas Lolly.

Sumber : Suara.com

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT