Sukabumi Update

Termasuk Sukabumi, BMKG Prediksi Hujan Guyur Jawa Barat 5 Hari di Pekan Ini

(Foto Ilustrasi) Wilayah Jawa Barat dalam sepekan ini diprediksi hujan selama lima hari. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Wilayah Jawa Barat dalam sepekan ini, 9-15 Oktober 2023, diprediksi hujan selama lima hari. Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat mengatakan potensi hujan itu berintensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada skala lokal dengan durasi singkat di sebagian daerah.

Secara umum, mengutip laporan tempo.co, menurut Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat Rakhmat Prasetia, wilayah Jawa Barat akan memasuki musim hujan yang bervariasi. “Mulai dari dasarian kedua Oktober hingga Desember 2023,” katanya lewat keterangan tertulis, Minggu, 8 Oktober 2023.

Pada Senin, 9 Oktober 2023, potensi hujan meliputi Kabupaten Bandung, Garut, kemudian Cianjur, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Sementara Selasa, 10 Oktober 2023, hanya di daerah Kota dan Kabupaten Bogor serta Kabupaten Sukabumi.

Hujan diprakirakan tersebar luas pada Rabu, 11 Oktober, yaitu mencakup Kota dan Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi atau Bandung Raya. Daerah lainnya seperti Sumedang, Majalengka, Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten dan Kota Bekasi, serta Karawang.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jabar 9 Oktober 2023, Ada Potensi Hujan di Beberapa Daerah

Selanjutnya, Kamis, 12 Oktober, potensi hujan diprediksi BMKG di Kabupaten Bekasi, Karawang, juga Kabupaten dan Kota Bogor. Pada Sabtu, 14 Oktober, potensi hujan diprediksi di Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Subang, hingga Cianjur. Adapun pada Jumat dan Minggu diprediksi nihil tanpa hujan.

BMKG mengharapkan masyarakat dan instansi terkait melakukan mitigasi dampak kekeringan saat ini sambil menyiapkan kondisi menghadapi musim hujan. Menurut BMKG perlu diwaspadai juga potensi bencana yang biasanya terjadi pada saat periode transisi musim, seperti hujan sangat lebat yang relatif lokal, angin puting beliung, dan hujan es.

Dalam sepekan ke depan, kata Rakhmat, diprakirakan masih ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan dan atau terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat. Suhu muka laut di sebagian wilayah Jawa Barat masih relatif hangat. Labilitas lokal secara umum berada pada kategori ringan hingga kuat. Peningkatan kecepatan angin masih terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT