Sukabumi Update

Gempa M 4,0 di Barat Daya Bogor, Guncangannya Terasa Hingga Sukabumi

Episenter gempa M 4,0 yang mengguncang wilayah Kota Bogor Jawa Barat dan sekitarnya pada hari Jumat (8/12/2023) pukul 02:00:45 WIB. (Sumber : BMKG)
SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik dengan magnitudo 4,0 mengguncang wilayah Kota Bogor Jawa Barat dan sekitarnya pada Jumat (8/12/2023) pukul 02:00:45 WIB.
 
Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6.73 LS dan 106.61 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km Barat Daya Kota Bogor pada kedalaman 5 km.
  
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat," ujar
Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangannya yang diterima sukabumiupdate.com.
 
Baca Juga: Gempa M 2,9 Guncang Cianjur, Diikuti 3 Kali Gempa Susulan
 
Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kalapanunggal dan Cicurug Sukabumi dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 
 
"Hingga pukul 02:30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," kata Hartanto. 
 
Hartanto mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 
"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT