Sukabumi Update

Gempabumi Tektonik M3,1 Guncang Purwakarta Jawa Barat

Gempabumi tektonik M3,1 guncang Purwakarta Jawa Barat | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Gempabumi dengan magnitudo M3,1 mengguncang Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, hari ini Senin, 25 Desember 2023 pukul 12:48:05 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan gempabumi tektonik yang mengguncang wilayah Kabupaten Purwakarta dan sekitarnya berkekuatan M3,1. Episenternya terletak pada koordinat 6.47 LS dan 107.45 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km Timur Laut Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada kedalaman 7 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Hartanto, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Purwakarta dan Cikampek dengan Skala Intensitas I - II MMI (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang - Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," jelas Hartanto dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Cerita Bom Natal di Sukabumi, Mengingat Aksi Teror Kota Mochi 23 Tahun Lalu

Hartanto menyebut, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Sekanjutnya, sambung dia, hingga pukul 13:05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Kendati demikina, ia menimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://bbmkg2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg," tandasnya. 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT