Sukabumi Update

3.123 Korban Jiwa Akibat Laka Lantas di Jawa Barat Sepanjang Tahun 2023

Kecelakaan maut di Cikukulu- Sepanjang tahun 2023 sebanyak 3.123 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Jawa Barat | Foto : Captur video

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 3.123 korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (laka Lantas) yang terjadi sepanjang tahun 2023.

Data tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo. Menurutnya, angka tersebut cenderung menurun dibanding tahun sebelumnya, yakni 3.510 jiwa.

“Dan jumlah korban meninggal dunia tersebut menurun hanya sebanyak 297 jiwa atau turun delapan persen,” kata Ibrahim seperti dikutip Tempo dari Antara hari ini, Sabtu, 30 Desember 2023.

Baca Juga: 213 Nyawa Melayang di Jalanan Sukabumi, Rekap Kecelakaan Sepanjang 2023

Lebih lanjut dirinya menginformasikan bahwa secara keseluruhan, ada 9.014 kasus kecelakaan lalu lintas yang tersebar di berbagai wilayah Jawa Barat pada 2023. Jumlah tersebut dilaporkan menurun ketimbang tahun sebelumnya.

“Jumlah kecelakaan lalu lintas cenderung menurun selama tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022, di mana terjadi penurunan sekitar 539 kasus atau kurang sekitar 6 persen,” tambah dia.

"Wilayah yang paling sering kecelakaan, seperti Ciamis karena memang itu konstruksi wilayahnya daerah pegunungan, juga Sumedang yang memang punya jalan yang sama pegunungan, tikungan," tambah dia.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas di Kota Sukabumi Saat Tahun Baru, Cek Jadwal dan Lokasinya

Ibrahim menilai bahwa penurunan angka kecelakaan lalu lintas dan korban jiwa tersebut tak terlepas dari penggunaan kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Alat itu dianggap menjadi solusi dalam memecahkan permasalahan berkaitan dengan lalu lintas.

“Ini memang menunjukkan bahwa ada berbagai hal yang menjadi faktor yang menyebabkan menurunnya angka fatal dari kecelakaan ini, di mana memang pada tahun ini juga program ETLE terus meningkat,” jelas dia.

Ia mengatakan bahwa pada 2023 pihaknya telah menyiapkan 21 tilang elektronik statis dan satu unit tilang elektronik portabel, serta 2.000 unit tilang elektronik mobile untuk meningkatkan kesadaran hukum pengguna jalan raya.

Baca Juga: Strike! Warga Cidadap Tangkap Ikan Dewa Raksasa Penghuni Sungai Cibuni Sukabumi

“Sehingga ETLE mempunyai efek bagi masyarakat untuk bisa menertibkan pengguna lalu lintas sehingga mempunyai dampak untuk meminimalkan kecelakaan maupun pelanggaran yang terjadi,” ucap dia.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT