Sukabumi Update

Sumedang Diguncang Gempa Darat Susulan M3.4, BMKG: Akibat Sesar Aktif

Ilustrasi. Kabupaten Sumedang Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempa darat susulan berkekuatan M3,4 Minggu (31/12/2023) pukul 15:38:10 WIB. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan Kabupaten Sumedang Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik susulan berkekuatan Magnitudo (M) 3,4 pada Minggu (31/12/2023) pukul 15:38:10 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6.84 LS dan 107.94 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 3 km Timur Laut Kabupaten Sumedang pada kedalaman 6 km.

“Gempa bumi ini merupakan rangkaian susulan dari gempa bumi utama M4,1 di Sumedang pada 31 Desember 2023 pukul 14:35:34 WIB,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangannya kepada sukabumiupdate.com.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Hartanto, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar aktif daerah setempat.

Baca Juga: Gempa M4,1 Guncang Sumedang, Getarannya Terasa Hingga Cianjur

Adapun dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ujarnya.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT