Sukabumi Update

2 Jalur Kereta Tujuan Bandung Dialihkan Lewat Purwokerto Imbas Tabrakan Cicalengka

Ilustrasi. Kereta Api Indonesia | 2 Jalur Kereta Tujuan Bandung Dialihkan Lewat Purwokerto Imbas Tabrakan Cicalengka | Foto: Unplash/Haidan

SUKABUMIUPDATE.com - Kereta Lokal Bandung di jalur Stasiun Cicalengka Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat tabrakan dengan Kereta Turangga.

Tabrakan Kereta di Cicalengka itu berdampak pada operasi kereta api lain, terutama untuk tujuan Bandung.

PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya, sebagaimana merujuk Tempo.co, mengalihkan jalur operasi dua kereta api tujuan Bandung melalui Purwokerto. 

Baca Juga: KA Turangga Tabrakan dengan Kereta Lokal Bandung Raya di Cicalengka

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan kereta yang dialihkan perjalanannya ke jalur Purwokerto dari Stasiun Gubeng Surabaya adalah KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong dan KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung.

Luqman menyebutkan, KA Pasundan berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya pada pukul 05.50 WIB, sedang KA Argo Wilis berangkat pukul 08.15 WIB. 

"Kami akan terus berkoordinasi menyampaikan informasi terbaru terkait perjalanan KA dari dan tujuan Daop 8 Surabaya," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip via Tempo, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga: 3 Tewas Termasuk Masinis, KAI dan KNKT Investigasi Tabrakan Kereta di Cicalengka

Ia mengaku belum menerima data korban jiwa atau luka dari petugas KAI atau penumpang dari kecelakaan itu. 

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Daop 2, terlebih imbas kecelakaan yang akan berakibat dengan terganggunya perjalanan KA dari wilayah Daop 8 Surabaya," tutur Luqman.

Adapun sebelumnya telah terjadi tabrakan Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Lokal Bandung di jalur petak Stasiun Cicalengka Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Aksinya Terekam CCTV, Maling di Sukabumi Kembalikan Sepatu Curian ke Ketua RT

Manajer Humas KAI Daop 2 Ayep membenarkan adanya kejadian tersebut yang berawal saat kedua kereta saling bertabrakan pada pukul 06.03 WIB. 

Adapun Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengirimkan tim untuk menindaklanjuti dan mengevakuasi korban terkait insiden kecelakaan kereta api di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat pagi. Pengiriman tim evakuasi dilakukan untuk menindaklanjuti dan mengevakuasi korban Tabrakan Kereta di Cicalengka.

Hingga berita ini ditayangkan, diketahui orban tewas akibat Tabrakan KA Turangga jurusan Surabaya-Bandung dengan kereta lokal Bandung Raya alias commuter line menurut data Polda Jabar berjumlah tiga orang.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, salah satu korban tewas adalah masinis Bandung Raya. Selain masinis KA lokal, dua lainnya yang jadi korban tewas Tabrakan Kereta di Cicalengka ialah asisten masinis KA lokal dan pramugara KA Turangga.

SUMBER: TEMPO | ANTARA

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT